Ratusan Orang Kena Tipu Seleksi CPNS, Ini Kata Wali Kota Tegal

  Selasa, 12 November 2019   Lilisnawati
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat mempimpin upacara Sumpah Pemuda (Istimewa)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Beberapa hari yang lalu, masyarakat tengah dikejutkan dengan adanya penangkapan pengawas penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) gadugan.

Dia adalah Sugiyanto alias Sugiyanto Joyo Kusumo (68) warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Panggung, Kota Tegal atau warga Jalan Tengiri, Kelurahan Jati, Pulogadung, Jakarta.

Sugiyanto berhasil menipu 413 orang dan menggelapkan uang pelicin dari para korban.

AYO BACA : Dedy Yon Ingin Generasi Muda Kota Tegal Jadi Pahlawan Masa Kini

Menanggapi itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, mengatakan, pendaftaran CPNS kini sudah menggunakan sistem online, jadi masyarakat pasti sudah paham dan pintar dengan mekanismenya.

\"Kenapa ada oknum itu karena masyarakat sendiri gampang diberdayakan. Saya berharap tidak ada lagi makelar-makelar atau oknum yang memberikan janji palsu terkait seleksi CPNS,\" tuturnya usai mengikuti rapat pleno evaluasi kerja TPAKD Kota Tegal, Senin (11/11/2019).

Senada dengan wali kota, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tegal, Irkar Yuswan Apendi menjamin, seleksi CPNS akan berjalan sesuai aturan.

AYO BACA : Prakiraan Cuaca Kota Tegal Hari Ini, Cerah Berawan di Siang Hari

Dirinya juga menegaskan, tidak ada oknum atau calo seleksi CPNS di dalam BKPPD Kota Tegal. Sebab, tidak ada pihak manapun yang bisa menjanjikan seseorang bisa lolos menjadi PNS.

Terlebih, saat ini mekanisme rekruitmen CPNS dilakukan secara online. Mulai dari tes hingga pengumuman, jadi masyarakat bisa ikut mengawal.

\"Rekrutmen kita terbuka. Sampai nanti pemberkasan, pemenuhan persyaratan hingga penetapan, semua berdasarkan persetujuan BKN,\" jelasnya.

Untuk itu, ia berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur oleh oknum yang menjanjikan dapat meloloskan CPNS.

Mengenai kasus penipuan CPNS, pihaknya belum pernah mendapati warga Kota Tegal mendatangi kantor BKPPD mengadu karena tertipu. 

AYO BACA : Pemkot Tegal Buka 205 Formasi CPNS, Lima di antaranya Penyandang Disabilitas

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar