Peringati HKN, Sekda Joko Ajak Membangun Generasi Sehat

  Selasa, 12 November 2019   Dwi Ariadi
Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono memberikan penghargaan usai upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 Tahun 2019 di depan kampus Stikes Bhamada Slawi, Selasa (12/11/2019).

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN)  Ke-55 Tahun 2019 digelar di depan kampus Stikes Bhamada Slawi, Selasa (12/11/2019). Upacara dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono.

Dalam sambutannya, Sekda Joko menyebutkan bahwa sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa dua isu kesehatan utama harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional.

AYO BACA : Berkungjung ke Tegal, Wakil Komisi III DPR RI Tanggapi Blangko SIM

Sebagaimana telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 bahwa pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, akan memprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

\"Isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, antara lain dengan  menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB. Dalam kurun waktu 5 tahun angka stunting telah berhasil diturunkan hampir 10 persen,\" kata Joko.

AYO BACA : Ratusan Orang Kena Tipu Seleksi CPNS, Ini Kata Wali Kota Tegal

Joko yang membacakan amanat Menteri Kesehatan ini juga menyampaikan pada lima tahun mendatang, pembangunan kesehatan akan memperjuangkan tiga pilar yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya Jaminan Kesehatan Nasional yang mengusung kegiatan promotif dan preventif.

Untuk itu, melalui momentum HKN dengan tema Generasi Sehat Indonesia Unggul ini, Joko mengajak semua elemen untuk mengkonsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa. 

\"Saya berharap kita bisa bekerja sama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan,\" tuturnya.

Di akhir upacara dilakukan  penyerahan piagam penghargaan oleh Joko kepada Puskesmas Berprestasi, Puskesmas dengan Pengelolaan BLUD Terbaik, Kategori Perawat, Kategori Gizi, Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas, Lomba Konselor Sebaya, Lomba Film Kesehatan, Lomba Senam Peregangan di tempat kerja, Lomba Desa Pelaksana Terbaik PHBS.

Upacara ini berjalan dengan lancar diikuti oleh perwakilan Puskesmas se-Kabupaten Tegal, tenaga kesehatan dari Dinkes, RSUD dr. Soesilo serta RS DKT Pagongan Tegal dan mahasiswa dari Stikes Bhamada.

AYO BACA : Masuk Nominasi Lomba UP2K Jateng, Dedy Yon Ingin PKK Raih Prestasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar