5.000 Relawan Bersihkan Sampah Pantai Cemara Tegal

  Kamis, 14 November 2019   Dwi Ariadi
Bupati Tegal Umi Azizah bersama para relawan membersihkan Pantai Cemara, Kamis (14/11/2019).

KRAMAT, AYOTEGAL.COM-- Tak kurang dari 5.000 relawan bersama Bupati Tegal Umi Azizah membersihkan Pantai Cemara pada Kamis (14/11/2019).

Para relawan mulai anak-anak TK hingga usia muda dan berbagai unsur masyarakat berpartisipasi dalam acara yang dalam Gerakan Gotong Royong sekaligus Pencanangan Desa Maribaya Bersih Sampah.

AYO BACA : SMAN 2 Slawi Bangun Masjid Rp 1,3 M dari Infak Jumat Pagi

Menurut Bupati Umi, persoalan sampah memang harus diselesaikan secara bersama-sama.

"Gotong royong seperti ini adalah cara kita merawat dan menjaga lingkungan bersama. Namun, saya tekankan tidak hanya dilakukan seremonial di hari ini saja. Tetapi diterapkan di setiap hari supaya Pantai Cemara benar-benar bersih dan bebas sampah," tegasnya.

AYO BACA : 317 Orang Positif HIV/AIDS di Kota Tegal

Lebih lanjut Umi menyebutkan, penyumbang sampah terbanyak dari rumah tangga.

Karena itu, dia mengharapkan kepada semua masyarakat untuk tidak malas memilih sampah dan membedakan sampah. 

"Jika kita dapat memanfaatkan sampah tersebut dengan baik sebenarnya bisa menambah penghasilan. Sampah organik seperti sisa makanan bisa dimanfaatkan menjadi magot dan dijual untuk pakan ikan. Begitupun dengan sampah anorganik, jika dikelola dengan baik bisa bermanfaat. Seperti sampah plastik bisa dijadikan tas maupun kreasi lainnya," tandasnya.

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Sri Herin mengapresiasi acara Gotong Royong Bersih Pantai Cemara ini. Dirinya menyebutkan bahwa gotong royong merupakan roh warisan budaya asli Indonesia.

"Gotong royong ini menjadi wujud kebersamaan, cikal bakal masyarakat asli Indonesia. Dengan gotong royong ini juga dapat menjaga keseimbangan lingkungan sekitar pantai."

AYO BACA : Prakiraan Cuaca Kota Tegal Hari Ini, Cerah Berawan di Siang Hari

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar