Segarnya Nyeruput Wedang Alang-alang, Minuman Tradisional yang Menjamur di Tegal

  Kamis, 14 November 2019   Lilisnawati
Satu gelas wedang alang-alang. (Lilisnawati Ayotegal.com)

PAGONGAN, AYOTEGAL.COM- Menikmati suasana malam yang dingin tidak lengkap rasanya tanpa ditemani dengan segelas minuman hangat.

Satu di antaranya, wedang alang-alang, minuman kaya akan rempah-rempah bisa menjadi pilihan untuk mengusir rasa dingin malam anda.

AYO BACA : DPRD Nilai DED Revitalisasi Alun-alun Tegal Kota Belum Matang

Minuman yang banyak ditemukan di Tegal ini terdiri dari jahe, sereh, kapulaga, gula pasir dan gula merah. Minuman ini disajikan hangat dengan asap yang masih mengepul, di mana rempah-rempah digeprek terlebih dahulu untuk memberikan cita rasa yang kuat.

Rasa manis dan sedikit pedas, menjadi ciri khas kehangatan minuman tradisional tersebut. Kandungan rempah-rempah yang kuat dipercaya dapat menyembuhkan pegal linu, masuk angin, batuk dan pilek.

AYO BACA : Forkopimda Kota Tegal Siap Jaga Sinergitas Antarpimpinan

Azizah salah satunya, pemilik warung wedang alang-alang di depan Pasar Pepedan, Jalan Raya Pagogan, Kabupaten Tegal ini mengaku banyak pelangganannya yang sering memesan wedang racikannya itu sebagai obat.

\"Biasanya buat obat masuk angin, pegal-pegal, nyeri sendi, batuk dan pilek,\" katanya belum lama ini.

Harga segelas minuman yang menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan ini sangat ekonomis, yaitu hanya Rp 7.000 untuk wedang alang-alang campuran susu dan Rp 6.000 untuk wedang alang-alang tanpa susu.

Untuk melengkapi menu warungnya, Azizah juga menyediakan makanan tradisional seperti singkong dan ketela rebus, yang dijual hanya Rp. 2.000 per buah.

Dengan dibantu putranya, warung wedang alang-alang ini dibuka setiap hari, dari pukul 20.00 WIB sampai 24.00 WIB. 

AYO BACA : TK Elkana Wakili Kota Tegal di Ajang Sekolah Sehat Tingkat Provinsi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar