Kota Tegal Belajar Smart City di Semarang

  Rabu, 20 November 2019   Dwi Ariadi
Wakil Wali Kota Jumadi memberikan sambutan ketika studi banding ke Kota Semarang untuk belajar smart city, Selasa (19/11/2019).(dok Humas Pemkot Tegal)

SEMARANG, AYOTEGAL.COM -- Pemkot Tegal melakukan studi banding ke Kota Semarang untuk belajar smart city, Selasa (19/11/2019).

Rombongan yang dipimpin Wakil Wali Kota, Jumadi, diterima Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang, Bambang Pramusinto di Situation Room, Kompleks Balai Kota Semarang.

Dalam studi banding tersebut terungkap, smart city tidak hanya teknologi tetapi juga non teknologi.

Menurut Bambang Pramusinto,  penerapan smart city di Kota Semarang tidak bisa serta merta langsung secara keseluruhan tetapi bertahap serta memerlukan sinergitas antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder terkait.

“Paling utama adalah integrasi, tidak ada ego sektoral. Walaupun untuk saat ini belum ada yang 100 persen terintegrasi. Tapi Alhamdulillah Kota Semarang yang paling baik dan berhasil meraih penghargaan Anugerah Kihajar 2019 untuk pemanfaatan IT,” ucap Bambang.

Sementara itu  Wawalkot Jumadi mengatakan, Kota Tegal harus banyak belajar atau istilahnya ngangsu ilmu apa yang Kota Semarang sudah lakukan yang luar biasa ini untuk smart city dan juga sudah diakui serta mendapat penghargaan.

“Kita bisa belajar dari Semarang mana-mana yang bagus untuk di butuhkan di Kota Tegal, memang butuh komitment yang baik antara legislatif dan eksekutif sehingga paham betul apa itu smart city tidak hanya teknologi tetapi seluruh aspek didalam kehidupan masyarakatnya” ucap Jumadi.

Jumadi juga menambahkan bagaimana pemerintah bisa menaikkan level kesejahteraan warganya sekaligus taraf hidup masyarakat di Kota Tegal.

"Itulah esensi yang penting dari smart city,"ujarnya. (Dwi Ariadi)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar