Hati-hati, Makanan Berformalin Ditemukan di Tegal

  Rabu, 20 November 2019   Lilisnawati
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat melakukan sidak di Pasar Pagi Kota Tegal (Humas Pemkot Tegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Pemerintah Kota Tegal melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pagi Kota Tegal, Selasa (19/11/2019).

Hasilnya, sidak yang dipimpin Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, bersama Dinas Kesehatan Kota Tegal, berhasil mengamankan ikan teri nasi dan cumi kering yang mengandung formalin.

Selain Pasar Pagi, sidak juga menyisir toko obat di beberapa titik di Kota Tegal.

Menurut Dedy, dua makanan yang mengandung formalin disuplai dari wilayah Brebes.

Menanggapi itu, dirinya mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Brebes, untuk menindak lanjuti temuan beberapa penjual ikan teri nasi dan cumi kering yang mengandung formalin.

"Saat ini kami masih memberikan sosialisasi kepada penjual dan pemilik toko obat agar tidak kembali menjual makanan berformalin dan obat yang tidak berizin," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, saat ini telah dilakukan pengawasan obat dan makanan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Dinkes untuk memastikan bahwa peredaran obat-obatan dan makanan dalam keadaaan aman konsumsi.

"Hasil temuan berupa ikan teri nasi dan cumi kering yang mengandung formalin kita tarik agar makan tersebut tidak lagi dijual dan dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih dalam tahap sosialisasi, barang yang bermasalah diambil dan penjual sekaligus memberikan edukasi baik kepada penjual maupaun masyarakat pembeli.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar