Inovasi OPD Minim, Pemkot Tegal Luncurkan Laboratorium

  Rabu, 20 November 2019   Lilisnawati
Peluncuran laboratorium inovasi di Kota Tegal, Rabu (20/11/2019).(Humas Pemkot Tegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Pemerintah Kota Tegal telah meluncurkan laboratorium inovasi, Rabu (20/11/2019). Laboratorium tersebut untuk mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Tegal untuk terus berinovasi dalam pelayanan publik.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Tegal Ismail Fahmi mengatakan, laboratorium inovasi diselenggarakan karena masih kurangnya perangkat daerah menciptakan inovasi dalam penyelengggaraan pelayanan publik.

Dirinya merinci, di dua tahun terakhir keikutsertaan OPD dalam kompetisi inovasi pelayanan publik diselenggarakan oleh Pemkot Tegal pada tahun 2018 hanya diikuti 15 OPD dengan 15 proposal inovasi.

Sedangkan pada tahun 2019 hanya diikuti oleh 10 OPD dengan 12 proposal inovasi.

AYO BACA : 5.000 Relawan Bersihkan Sampah Pantai Cemara Tegal

\"Adanya laboratorium inovasi diharapkan dapat menumbuhkan semangat berinovasi bagi penyelenggara pelayanan publik di Kota Tegal,\" ujarnya.

Kepala Pusat kebijakan dan Kajian Lembaga Administrasi Negara Widi Anovianto mengatakan laboratorium inovasi dirancang untuk memunculkan gagasan inovasi baru di Kota Tegal.

Menurutnya, untuk memunculkan gagasan inovasi maka perlu adanya 5D + 1 yaitu Drum Up (menginspirasi untuk komitmen berinovasi); Diagnose (menggali ide-ide inovasi untuk mewujudkan visi atau impiannya).

Selain itu, ada Design (merancang rencana aksi inovasi yang komprehensif); Deliver (melaksanakan inovasi secara fokus dan konsisten); Display (menyampaikan progres dan manfaat inovasi kepada Stakeholder); dan Documentation (mendokumentasikan kegiatan (inovasi) dengan baik).

AYO BACA : Kota Tegal Belajar Smart City di Semarang

Pada kesempatan tersebut Widi mendorong inovasi juga ada di tingkat kelurahan. Inovasi tidak hanya tata pemerintahan, pelayanan publik saja, tetapi juga inovasi lainnya dalam mendorong pembangunan di Pemkot Tegal.

Sementara itu, dalam sambutannya Wali Kota TegalĀ  Dedy Yon Supriyono, dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sugeng Suwaryo menyampaikan inovasi menjadi kata kunci untuk meningkatkan keberhasilan visi dan misi Pemerintah Kota Tegal.

Ia mengungkapkan satu kebanggaan dapat bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) dalam rangka pelaksanaan laboratorium inovasi.

Dengan begitu, melalui laboratorium inovasi ini diharapkan akan tercipta lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi perbaikan pelayanan publik di lingkungan Kota Tegal.

\"Harapan kami setiap ASN secara individu maupun perangkat daerah secara kelembagaan, dapat terus menjadi inovator-inovator dan kreator-kreator yang handal guna meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat Kota Tegal,\" tuturnya.

AYO BACA : Prakiraan Cuaca, Kota Tegal Alami Hujan Ringan di Sore Hari

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar