Gadget Bisa Jadi Bumerang, Ini Pesan Ardie untuk Generasi Sehat

  Kamis, 21 November 2019   Dwi Ariadi
Wakil Bupati Sabilillah Ardie saat menjadi narasumber dalam acara "Dinkes Go To Milenial Bersama Saka Bhakti Husada" di Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung, Balapulang, pada Kamis (21/11/2019).

BALAPULANG, AYOTEGAL.COM -- Wakil Bupati (Wabup) Tegal Sabililah Ardie mengajak generasi milenial disiplin dalam menggunakan gadget. Meski banyak manfaat, namun dapat menjadi bumerang untuk diri sendiri.
\nHal itu disampaikan Ardie saat menjadi narasumber dalam acara ''Dinkes Go To Milenial Bersama Saka Bhakti Husada'' di Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung, Balapulang, Kamis (21/11/2019).

Menurut Ardie, generasi milenial saat ini jika sedang di situasi sendiri atau bosan akan mudah resah dan pelampiasannya ke gadget.

\"Anak muda sekarang istilah bosan atau sendiri itu menamakannya dengan gabut. Nah, gabut jika tidak dimanfaatkan dengan hal yang baik akan berbahaya,\" ujarnya.

AYO BACA : Polres Tegal Ringkus Dua Pengedar Sabu-sabu

Untuk itu, Ardie menitip pesan kepada para generasi milenial khususnya dari pramuka Saka Bhakti Husada untuk dapat meminimalisir penggunaan gadget. Jika terus menerus menggunakan gadget setiap saat akan berdampak buruk, misalnya kecanduan yang berlebihan. 
\nDampak dari kecanduan ini, salah satunya seseorang menjadi apatis dan tidak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

\"Saya membatasi anak-anak saya bermain gadget sehari hanya 2 jam. Selebihnya, mereka dapat bermain dan memanfaatkan waktu luang untuk bersosialisasi dengan keluarga dan lingkungan sekitar,\" paparnya.

Ardie menambahkan, jika melihat teman atau keluarga di sekeliling kalian, yang sudah termasuk kecanduan akut gadget, segera dirujuk ke dokter. 

AYO BACA : HUT KORPRI ke-48, Pemkot Tegal Gelar Operasi Katarak Gratis

Dampak lain, lanjut Ardie, seseorang dapat mengakses informasi dari mana saja. Termasuk, melihat konten-konten yang ada di internet baik yang positif maupun negatif.

\"Penggunaan gadget yang tidak diimbangi dengan pengawasan juga bisa menjadi salah satu pemicu pergaulan seks bebas yang mengakibatkan hamil di luar nikah. Untuk itu, saya butuh bantuan kalian sebagai agen perubahan untuk bersama-sama mencegah hal itu,\" tandasnya.

Ketua panitia kegiatan, Slamet mengatakan, tujuan kampanye Generasi Sehat ini adalah meningkatkan pengetahuan kepada generasi milenial sebagai agen perubahan sehingga mampu menjadi generasi milenial yang berkualitas. 

Acara diikuti oleh 140 anggota pramuka dari seluruh SMA di Kabupaten Tegal yang didampingi oleh 30 pendamping dari 29 puskesmas.

AYO BACA : Jumadi Hadiri Smart ASEAN Forum, Ini Hal-hal yang Disampaikan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar