Ini Harapan Pemkot dan Pemkab Tegal Soal Kongres Sastra Tegalan

  Selasa, 26 November 2019   Lilisnawati
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie saat menghadiri Kongres Sastra Tegalan, Selasa (26/11/2019). (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Komunitas Sastrawan Tegal menggelar Kongres Sastra Tegalan kaping siji dengan tema Sastra Tegalan dalam Khasanah Kesustraan Indonesia, di Auditorium UPS Tegal, Selasa (26/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie ikut hadir memberikan dukungan.

Dedy Yon berharap kongres sastra tegalan bisa berkelanjutan. Dari kongres juga diharapkan akan tumbuh seniman, sastrawan baru yang akan terus melestarian kebudayaan Tegal.

Sebab, ia menilai bahasa Tegal memiliki keunikan dan nyentrik.

"Jarang orang luar bisa tahu makna yang disampaikan orang-orang Tegal, misalnya "Yuh mangan tuli" (Yuk makan dulu), orang pasti tahunya tuli itu budeg," tuturnya.

Menurutnya, kongres sangat menarik digelar agar mengangkat kembali kearifan-kearifan lokal Tegal.

Sementara itu, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tegal sangat menyambut baik dengan adanya kongres sastra tegalan, karena menurutnya ini upaya seniman dan akademisi tegal untuk menumbuhkan eksistensi sastra tegalan di kancah Nasional.

Dirinya berharap, dengan adanya kongres ini para seniman dan akademisi mengeluarkan rekomendasi-rekomendasi untuk pemerintah Kota Tegal maupun Kabupaten Tegal.

"Kita akan bersinergi dengan Pemkot Tegal untuk terus mendukung para seniman-seninan Tegal. Apa yang bisa untuk kemajuan budaya Tegal, tentu akan kita dukung," ujarnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar