BPS Kota Tegal Siap Lakukan Sensus Penduduk Secara Online

  Selasa, 26 November 2019   Lilisnawati
Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi saat memberikan sambutan pada ekspos data strategis BPS Kota Tegal, Selasa (26/11/2019) (Humas Pemkot Tegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Badan Pusat Statistik menggelar ekspos data strategis BPS Kota Tegal dengan tema terwujudnya Kota Tegal yang sejahtera dan bermartabat berbasis pelayanan prima," di Pesonna Hotel, Selasa (26/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Kepala BPS Kota Tegal, Kunto Dewantoro menyampaikan, bahwa di tahun 2020, BPS akan memanfaatkan teknologi untyk melaksanakan sensus penduduk secara online.

"Sensus kali ini tidak ada hanya Indonesia saja yang melakukan sensus, tetapi juga 54 negara lain di dunia melakukan hal yang sama," katanya.

Terkait dengan smart city, dirinya siap mendukung Pemkot Tegal dalam merealisasikannya.

"Kita juga dukung Pemkot Tegal untuk merealisasikan Tegal smart city yang sesungguhnya," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi yang membuka secara resmi acara tersebut menyampaikan bahwa perkembangan metode dan mekanisme dalam penyusunan data, menjadi sangat penting untuk dilakukan instansi vertikal maupun lembaga pemerintah di daerah .

"Melalui data kita bisa melihat gambaran grafik kemajuan daerah, data statistik seperti pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan sumber daya manusia, kemiskinan, inflasi dan data strategis lainnya," ucapnya.

Dirinya juga menambahkan data merupakan penunjang dan menjadi salah satu dasar atau rujukan pengambilan keputusan pemerintah dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan, tidak terkecuali pembangunan di daerah.

Selain itu, rencana penyatuan semua data statistik melalui pemberlakuan kebijakan system satu data (one data system) bisa menjadi awal dari langkah OPD di lingkungan Pemkot Tegal dalam mengembangkan dan menyusun data.

"Kami berharap BPS Kota Tegal dan Pemkot Tegal bersama-sama mengembangkan data statistik sektoral dalam upaya pembangunan data dan informasi untuk kemajuan Kota Tegal," tuturnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar