Curah Hujan Meningkat, Waspadai Potensi Hujan Disertai Petir dan Angin

  Rabu, 27 November 2019   Lilisnawati
[Ilustrasi] Mendung di Kota Tegal. (istimewa)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tegal mengimbau adanya potensi meningkatnya curah hujan di wilayah Kota Tegal dan sekitarnya dalam sepekan ke depan.

Prakirawan BMKG Tegal Hendy mengatakan, meningkatnya curah hujan dikarenakan adanya peningkatan tekanan udara di wilayah Siberia dan Asia Timur dalam beberapa hari terakhir.

AYO BACA : Kelas Legislatif di Titis Manganti, Milenial Blak-blakan Bicara Politik

Hal itu, kata Hendy, menyebabkan terjadinya penguatan desakan massa udara dingin dari wilayah Asia mendekati kawasan ekuator.

\"Desakan itu memberikan pasokan uap air yang cukup dapat menyebabkan pembentukan awan hujan yang signifikan di wilayah Indonesia,\" katanya saat dihubungi, Rabu (27/11/2019).

AYO BACA : 40 Wirausaha Baru di Tegal Dilatih Jadi Juragan Keripik Standar Ekspor

Sementara itu, angin timuran dari wilayah Australia masih cukup kuat dan menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang di wilayah Indonesia bagian utara dalam beberap hari ke depan.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan di beberapa wilayah.

Di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Papua dan lainnya.

\"Termasuk di wilayah Kota Tegal dan sekitarnya. Intensitasnya sendiri dari sedang hingga lebat,\" ucapnya.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak lanjutan akibat hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

AYO BACA : Ini Harapan Pemkot dan Pemkab Tegal Soal Kongres Sastra Tegalan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar