Peringati HDI, Difabel Slawi Pentaskan Seni dan Hasil Kreasi

  Senin, 16 Desember 2019   Dwi Ariadi
Rama dari teater Cangkir Difabel Slawi Mandiri (DSM) membacakan puisi saat peringatan HDI di Trasa Slawi. (Ayotegal.com/Dwi Ariadi)

SLAWI, AYOTEGAL.COM -- Puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Ke-27 Tahun 2019 digelar di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) Kabupaten Tegal, Senin (16/12/2019).

Kegiatan diawali dengan long march, pentas seni dan pameran hasil karya dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Manunggal dan Difabel Slawi Mandiri (DSM) di panggung Trasa.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Tegal Edi Budiyanto yang mewakili Bupati Tegal Uni Azizah saat membuka acara mengatakan, penyandang disabilitas memiliki kedudukan serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara lainnya.

''Haru, bangga dan keren,"kata Edi Budiyanto usai melihat pementasan seni oleh para difabel.

Dikatakan, peringatan HDI sendiri mengandung makna pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas, sekaligus peneguhan komitmen seluruh bangsa untuk membangun kepedulian bagi perwujudan kemandirian, kesetaraan dan kesejahteraan penyandang disabilitas.

Edi menyebutkan sosok Banyu Tri Mulyo salah satu penyandang disabilitas asal Kabupaten Tegal mampu membawa dirinya sebagai atlet nasional tenis meja di ajang Asian Para Games 2018.

Tak hanya itu, Banyu juga telah mendirikan komunitas Nasional Paralimpik Commite Indonesia (NPCI) Kabupaten Tegal sebagai wadah untuk menampung para atlet penyandang disabilitas. 

"Tentunya hal tersebut menjadi kebanggaan bagi kita. Bahwa penyandang disabilitas juga mampu meraih prestasi," tuturnya.

Sejalan dengan itu, pemerintah secara bertahap dan bersungguh-sungguh telah mengambil langkah konkret membangun pendidikan yang layak dan inklusif bagi penyandang disabilitas, ternasuk kuota CPNS. 

Kepala Dinas Sosial Nurhayati mengatakan, untuk kuota CPNS dari Kabupaten Tegal juga sudah ada yang mendaftar.

"Sudah ada yang mendaftar, tinggal cek data saja di BKD yang pasti peluang ini sudah direspon oleh disabilitas," jelasnya. (Dwi Ariadi)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar