Evaluasi Tahun 2019, Polres Pemalang Waspadai Sasaran Distribusi Narkoba

  Selasa, 31 Desember 2019   Dwi Ariadi
Polres Pemalang telah merlis hasil kinerja sepanjang tahun 2019 di Aula Bhayangkara Polres Pemalang, Selasa (31/12/2019). Attachments area

PEMALANG, AYOTEGAL.COM -- Polres Pemalang telah merlis hasil kinerja sepanjang tahun 2019 di Aula Bhayangkara Polres Pemalang, selasa (31/12/2019).

Menurut Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu, pihaknya  saat ini sedang melaksanakan Operasi Lilin Candi tahun 2019.

Dikatakan oleh Kapolres, sebelumnya telah dilaksanakan operasi cipta kondisi yang salah satu sasarannya adalah peredaran miras.

“Polres Pemalang telah menyita 4.105 botol miras dan 50 miras oplosan, seluruhnya telah dimusnahkan saat gelar pasukan Operasi Lilin Candi tahun 2019, kegiatan tersebut disaksikan oleh seluruh element dan tokoh masyarakat,” kata Kapolres.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan hasil kinerja satuan Reskrim dan Narkoba Polres Pemalang selama satu tahun.
“Secara kuantitas, prosentase tindak pidana mengalami penurunan 1 persen, namun secara kualitas terjadi peningkatan jumlah crime clearance sejumlah 1 persen,” jelas Kapolres terkait kinerja Sat Reskrim.
Dari kinerja reskrim, lanjut dia. ada peningkatan kinerja selama tahun 2019.
Untuk satuan Narkoba, menurut Kapolres, terjadi penurunan signifikan baik terhadap jumlah kasus maupun tersangka yang ditangkap.

“Pada 2018, telah diamankan 28 orang tersangka, sedangkan pada tahun 2019 Polres Pemalang hanya mengamankan 24 orang tersangka, termasuk barang bukti yang diamankan terjadi penurunan,” katanya.

Dikatakan, penurunan jumlah kasus dan tersangka  bukan hanya berkat operasi kepolisian saja, namun berkat kerja sama Polri dengan stakeholder dan seluruh elemen masyarakat.

“Dari segi kualitas, Sat Narkoba Polres Pemalang tidak hanya menangkap pengguna, sebagian besar dari pelaku yang ditangkap adalah pengedar,” jelasnya.

Terkait dengan hal itu, Kapolres menyatakan, wilayah Kabupaten Pemalang menjadi tempat pendistribusian barang terlarang tersebut.

“Sampai saat ini, ketika pelaku berupaya untuk mengedarkan di Pemalang, Polres Pemalang tidak pernah ragu-ragu untuk melakukan penangkapan,” tegasnya.

“Begitu juga bagi pelaku kejahatan, Polres Pemalang akan terus mengejar dan melakukan penangkapan terhadap pelaku kejahatan untuk diproses berdasarkan peraturan dan hukum yang berlaku,” tambahnya.

Selama tahun 2019, ‎Kapolres Pemalang mengungkapkan, selama 1 tahun telah terjadi penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas.

“Namun angka kecelakaan lalulintas sedikit meningkat, di antaranya disebabkan oleh beberapa faktor seperti human eror dan kondisi kendaraan, namun kami masih melakukan pengkajian dan penelitian kembali,” terangnya.

Selama tahun 2019, Kapolres mengungkapkan, Polres Pemalang telah berhasil mengungkap 7 kasus menonjol yang menjadi perhatian publik.

“Polres Pemalang telah mengungkap kasus curas, pembunuhan, pencurian kabel tol, penculikan dan beberapa kasus narkoba, termasuk mengungkap kasus penganiayaan terhadap anak dengan cara memasukkan ke kandang monyet dan menyiram dengan bensin yang menyebabkan korban luka-luka di Kecamatan Bodeh beberapa waktu lalu,” tandasnya. (Dwi Ariadi) 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar