Mahasiswa STIMIK YMI Tegal Gelar Workshop Pengolahan Sampah

  Sabtu, 11 Januari 2020   Dwi Ariadi
Workshop Pengolahan Sampah dengan tema" Tegal Cantik Tanpa Plastik"di gedung aula kampus STIMIK YMI Kota Tegal, Sabtu (11/1/2020).

MARGADANA, AYOTEGAL.COM -- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIMIK YMI Tegal bersama  Pemuda Tani HKTI Jateng mengadakan Workshop Pengolahan Sampah dengan tema" Tegal Cantik Tanpa Plastik"di gedung aula kampus STIMIK YMI Kota Tegal, Sabtu (11/1/2020).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari mahasiswa, masyarakat  dan aktivis lingkungan. Menurut ketua panitia, Zaki, hadir dua narasumber yaitu Arinda Putri (akademisi) dan Heriwanto (Ketua Pemuda Tani HKTI Jateng).

Dalam kesempatan itu, Arinda mengungkapkan keprihatinnya soal penanganan sampah di Indonesia yang belum banyak di daur ulang.

"Prihatin kita dengan permasalahan sampah di Indonesia, boleh kita ajak investor, ajak pemerintah daerah khususnya di Tegal bekerja sama dengan masyarakat untuk membuat gerakan daur ulang sampah,"ujarnya.

Menurut Arinda, untuk mengurangi limbah plastik  ada gerakan baru dari masyarakat agar sampah plastik tidak menumpuk.

Masyarakat mulai dibuatkan gerakan-gerakan tanpa plastik, seperti sedotan dari bambu, mengganti bahan-bahan dari plastik dengan bahan yang bisa didaur ulang.

Heriwanto ketua Pemuda Tani HKTI Jateng, menambahkan bahwa Pemuda Tani HKTI komitmen untuk mengawal masyarakat untuk permasalahan limbah.

''Kita Pemuda Tani HKTI Jateng komitmen untuk mengawal permasalahan lingkungan termasuk sampah," tegasnya.

Dikatakan, HKTI sudah bekerjasama dengan beberapa komunitas perajin di beberapa wilayah. Pemuda atau mahasiswa bisa membuat komunitas yang bergiat di lingkungan sampah, yang menghasilkan nilai ekonomis yang berbasis UKM.

"Kami siap untuk bekerja sama,"tandasnya. (Dwi Ariadi) 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar