Heboh Pasien Suspect Corona Dirujuk ke RSUD Kardinah Tegal

  Selasa, 04 Februari 2020   Lilisnawati
Suasana di RSUD Kardinah, Senin (3/2/2020). (Ayosemarang.com/Lilisnawati)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Masyarakat Kota Tegal saat ini tengah digegerkan dengan kabar adanya pasien diduga terinfeksi virus corona yang dirujuk ke RSUD Kardinah Tegal, Senin (3/2/2020).

Kabar tersebut sebelumnya tersebar di media sosial. Di antaranya mengimbau agar masyarakat yang hendak ke RSUD Kardinah diminta mengenakan masker karena ada pasien suspect virus corona.

Plt Direktur RSUD Kardinah dr Hery Susanto Sp A membenarkan bahwa pihaknya menerima rujukan pasien suspect virus corona sekira pukul 11.00 WIB.

Hery mengatakan, pasien berinisial W warga Kota Tegal sebelumnya dirawat di Puskesmas Margadana itu langsung ditangani sesuai Standar Operasional Prosesur (SOP) penanganan Tim Gabungan Medis Ad Hocc khusus corona.

"Pasien sudah dapat penanganan khusus di ruang isolasi, seperti rontgen dan laboratorium. Itu karena pasien mengalami gejala demam, batuk dan sesak nafas sejak empat hari terakhir," jelasnya.

Pihaknya juga telah menerjunkan tim medis khusus yang terdiri dari dokter spesialis gabungan. Tujuannya, melakukan pemeriksaan dan observasi secara menyeluruh terhadap pasien agar penanganan medisnya lebih optimal.

Namun, meski mengalami gangguan mirip gejala penularan virus corona, pihaknya belum bisa memastikan hasilnya positif.

Sebab, berdasarkan keterangan pasien, ia baru saja bertemu dengan temannya yang baru pulang liburan dari Tiongkok.

"Untuk memastikan hasil pemeriksaan rontgen dan lab, kami masih menunggu hasil observasi pasien hari ini," katanya.

Sementara adanya informasi yang salah di media sosial, pihaknya mengimbau, agar masyarakat tidak perlu terlalu panik dan khawatir berlebihan.

"Kami meminta kepada masyarakat, agar tidak mudah terpancing informasi hoaks karena vonis positif corona atau tidak harus dibuktikan terlebih dulu dengan pemeriksaan secara menyeluruh," terangnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar