BMKG Prediksikan Gelombang Tinggi Kembali Terjadi di Pesisir Utara Tegal

  Kamis, 11 Juni 2020   Lilisnawati
Gelombang tinggi di Pantai Muarareja Indah Kota Tegal, Rabu (10/6/2020).(Lilisnawatu/Ayotegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tegal memprediksi gelombang tinggi akan kembali terjadi di wilayah pesisir pantai Kota Tegal.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat pesisir maupun nelayan untuk mewaspadai adanya gelombang tinggi.

Prakirawan BMKG Tegal, Hendy mengatakan, ada peningkatan tinggi gelombang di laut Jawa bagian tengah pada 10-12 Juni 2020. Tinggi gelombang sendiri diprediksi bisa mencapai 2,5 meter.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir agar selalu waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang akan terjadi 10-12 Juni 2020 pukul 07.00 WIB," ungkapnya, Rabu (10/6/2020).

Menurut Hendy, gelombang tinggi dipengaruhi adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 3-20 knot. Sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur-Selatan dengan kecepatan 5-25 knot.

"Sementara kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Banda bagiam selatan dan Laut Arafuru bagian timur. Akibatnya ada peningkatan tinggi gelombang di laut Jawa bagian tengah," jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada nelayan khususnya nelayan kecil agar sebisa mungkin menunda aktivitas melaut sampai dengan kondisi kembali membaik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar