Kurang Guru, Babinsa di Batang Ini Mengajar Siswa SMP

  Kamis, 06 Agustus 2020   Dwi Ariadi
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05 Bawang, Kodim 0736 Batang, Serma Warsono saat mengajar di SMPN 04 Bawang, Kamis (6/8/2020).

BATANG, AYOTEGAL.COM- SMP Negeri 4 Bawang berada dusun SiGemplong Desa Praten Kecamatan Bawang, masuk dalam daerah dataran tinggi Dieng perbatasan antara Kabupaten Batang dengan Kabupaten Wonosobo. 

Akses pendidikan di sana tidak seperti di kota, karena terisolir membuat sekolah ini kurang mendapat perhatian, mulai dari kurangnya, guru, buku bacaan hingga akses internet.

Prihatin dengan kurangnya guru, sejumlah Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04, Bawang Kodim 0736 Batang turut andil dalam kegiatan belajar mengajar hingga dua sampai tiga kali dalam satu bulan. 

Selain kegiatan belajar di dalam kelas, Babinsa juga memberikan pelatihan baris-berbaris (PBB) untuk membentuk disiplin siswa sehingga tercipta karakter serta perilaku siswa yang sopan santun dan bisa ditertapkan pada kehidupan sehari-hari.

Di masa pandemi covid-19 ini,  pihak sekolah memberlakukan kegiatan belajar mengajar selama 4 jam dan dilanjutkan dengan daring, hal ini sesuai anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan covid-19.  

Beberapa pelajaran yang diajarkan oleh Babinsa diantaranya tentang covid-19, penggunaan internet secara bijak, arti kedisiplinan hingga kemerdekaan Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan, sebagai wujud kepedulian TNI dalam memajukan pendidikan di masa pandemik COVID 19.  

''Saya sudah 10 tahun di sini, dulu belum ada SMP, kalau mau sekolah jauh jadi banyak yang tidak melanjutkan. Alhamdulillah SMP ini berdiri dan banyak yang melanjutkan,” kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05 Bawang, Kodim 0736 Batang, Serma Warsono, Kamis (6/8/2020).  

Menurutnya, program TNI mengajar ini juga sejalan dengan nawa cita. Pendidikan merupakan hal yang penting untuk menunjang anak usia dini untuk membangun karakter dan mengembangkan potensi anak. 

Kehadiran Babinsa disambut baik oleh para pelajar, bahkan salah satu siswi mengatakan dirinya bisa termotivasi untuk belajar lebih giat.  

Dengan adanya bantuan mengajar dari babinsa ini bagaimana seneng banget bisa dapat tambahan ilmu seperti belajar Bahasa Inggris dan pelajaran internet, kata Nabila.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Bawang, Mulud Sugito mengatakan, kehadiran babinsa di sekolahnya dirasa sangat bermanfaat.  Karena siswa bisa mendapat ilmu diluar program dari sekolah bahkan babinsa tersebut memberikan motivasi sebagai penyemangat meraih cita-cita. 

''Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa karna sudah memberi pengertian kepada siswa terutama tentang penggunaan internet yang benar, menghindari situs-situs yang negatif,'' katanya.(Muslihun)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar