Sekda Tegal: Pandemi Covid-19 Jangan Sampai Berdampak Krisis Pangan

  Kamis, 06 Agustus 2020   Dwi Ariadi
Diskusi Ngopi Kamisan di Kedai Nyong Kopi Slawi, Kabupaten Tegal, Kamis (6/8/2020)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat siap dengan segala perubahan dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). 

Tak terkecuali, Pemkab Tegal telah berupaya melakukan kebijakan, refocusing, termasuk program yang harus disinergikan dengan kebijakan Pusat.   

''Program Gugus Tugas Kabupaten Tegal dan Provinsi dengan Jogo Tonggo selama 6 bulan terakhir ini masih dinamis selama masa kebiasaan baru,''kata Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono dalam diskusi di kedai Nyong Kopi, Kamis (6/8/2020). 


Menurut Sekda Joko, konstruksi kehidupan masyarakat untuk berubah menjadi masyarakat tranfornasi baru memang perlu waktu. '

'Yang terpenting proses manajmren krisis ini jangan sampai berdampak ke krisi pangan. Soal pendidikan dan AKB alias new normal sedang mencari bentuk menyesuaikan aturan pusat memgutakaan protokol kesehatan,''katanya.

Selain Sekda Joko, hadir sebagai pembicara Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tegal M Khuzaeni (Jeni Bae) dan DR Saefudin Wakil Rektor 1 IBN Tegal. 

Dalam dikusi bertajuk ''Pandemi Covid, Visi Misi Bupati Gagalkah'' tersebut, Sekda memastikan, proses penganggaran dalam refocusing sudah sesuai dengan aturan dari Pemerintah pusat. 

Sementara itu, tema dampak pandemi Covid-19 memantik peserta diskusi yang mengharapkan Pemkab Tegal optimal dalam menyelaraskan program penanganan Covid dari sisi medis kesehatan dan ekonomi. 

Seperti yang disampaikan Ketua LSM Benmas Rudi Petir. Ia mengharapkan, penggunaan dana refocusing ada audit dan sosialisasi program penanganan Covid-19 ke masyarakat lebih dioptimalkan. 

Adapun Ketua Kadin Fatchudin Rosidi mengusulkan prioritas ekonomi menjadi penting dalam penanganan Covid-19.

 Usulan lain, Ketua KNPI Kabupaten Tegal Ersal Aburizal mengharapkan peran pemuda lebih dioptimalkan. Apalagi Kabupaten Tegal sudah meraih predikat Kabupaten Layak Pemuda. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar