Tersedia Internet Gratis untuk Siswa di Rumah Aspirasi Seorang Anggota DPRD Kota Tegal

  Kamis, 27 Agustus 2020   Lilisnawati
Sejumlah siswa tengah sibuk mengerjakan tugas di rumah aspirasi anggota DPRD Kota Tegal Zaenal Nurohman, Kamis (27/8/2020).(Lilisnawati/Ayotegal)

MARGADANA, AYOTEGAL.COM- Seorang anggota DPRD Kota Tegal, Zaenal Nurohman menyediakan internet atau wifi secara gratis untuk siswa di lingkungan rumahnya belajar online.

Langkah inisiatifnya itu berawal dari banyaknya keluhan warga sekitar tentang kebutuhan kuota internet yang membengkak selama kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring.

Sebagai wakil rakyat, politisi PKS itu tergugah untuk menyediakan internet atau wifi gratis kepada masyarakat di lingkungan rumahnya di Jalan H Sriyono, Kurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Bukan hanya itu, Zaenal juga menurunkan sejumlah staf dewannya untuk mendampingi proses belajar.

Seorang Staf Ahli Dewan, Hadi Wahendro (23) mengatakan, masyarakat bisa mengakses internet gratis di rumah aspirasi Zaenal Nurohman sejak pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

"Dari pelajar SD, SMP, SMA/SMK hingga mahasiswa boleh kesini. Mulai pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB," ujarnya, Kamis (27/8/2020).

Hadi menceritakan, awal mula ide wifi gratis karena adanya kegelisahan warga dengan adanya KBM secara online. Masyarakat mengeluhkan dan mengaku keberatan biaya kuota.

"Nah, dari situ Pak Zaenal sebagai wakil rakyat tergugah dengan keluhan masyarakat. Beliau memanfaatkan wifi di rumahnya untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar. Ini sekaligus membantu masyrakat yang keberatan kuota," ucapnya.

Menurutnya, internet gratis untuk belajar online baru dibuka sejak Senin (24/8/2020).

Aksinya itu pun mendapat respon baik dari masyarakat sekitar. Sejumlah siswa dari berbagai jenjang tampak senang menikmati internet gratis.

Satu di antaranya, Nenden Yulia (34) yang menemani anaknya belajar di rumah aspirasi. Ia mempunyai dua orang anak yang tengah duduk di bangku SD dan SMP itu harus membeli kuota internet sebanyak tiga kali dalam seminggu.

"Sejak anak belajar dari rumah, biaya kuota internet jadi boros. Seminggu tiga kali, sekali isinya Rp 18.000. Jadi yang seharusnya buat jajan sekarang buat beli kuota," ungkapnya.

Namun, adanya internet gratis di rumah aspirasi Zaenal Nurohman, memberikan berkah tersendiri bagi dirinya. Kebutuhan kuota untuk belajar anak-anaknya menjadi ringan.

"Alhamdulillah ada rumah aspirasi. Ada internet gratis untuk belajar online. Ya sangat meringankan beban saya beli kuota. Apalagi anak saya ada dua yang sekolah," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar