Denda Masker Rp 100.000 Diterapkan di Kota Tegal, Sejumlah Warga Terjaring

  Senin, 14 September 2020   Lilisnawati
Seorang warga yang kedapatan tidak memakai masker tengah menunjukan bukti denda, Senin (14/9/2020).(Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Sejumlah warga yang tengah melintas di Jalan Sultan Agung Kota Tegal harus terjaring operasi masker yang digelar Pemerintah Kota Tegal bersama TNI-Polri, Senin (14/9/2020).

Mereka pun terpaksa harus membayar Rp100.000 karena kedapatan tidak memakai masker.

Seperti halnya, Somad (55) warga Jatibarang, Brebes yang harus memembayar Rp100.000 karena tidak memakai masker.

"Saya lupa ngga pakai masker jadi tadi harus bayar Rp100.000. Ya buat pengalaman saya, besok-besok selalu pake masker," ucapnya.

Hal serupa juga dialami warga lainnya, Subkhan (43). Ia mendapat sanksi sosial lantaran tidak menggunakan masker secara benar.

"Ya bagus sih ada penertiban seperti ini. Ya saya akui tadi pakai maskernya ngga bener. Saya taruh di dagu, jadi disetop dan disuruh nyapu," ungkapnya.

Sementara Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengatakan, denda administrasi sebesar Rp100.000 mulai diberlakukan.

"Hari ini Pemerintah Kota Tegal bersama Forkopimda melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan. Mereka yang ngga pakai masker kita denda Rp100.000," jelasnya.

Menurutnya, denda administrasi sudah tertuang dalam Peraturan Wali Kota nomor 29 tahun 2020 sebagai pengganti nomor 13 tahun 2020 tentang pencegahan penularan Covid-19.

"Kita terapkan denda sebesar Rp100.000, tentunya untuk memberikan efek jera bagi masyarakat yang tidak memakai masker," tegasnya.

Dedy mengatakan, denda yang terkumpul akan dimasukkan ke dalam kas daerah Pemkot Tegal.

Selain denda, pihaknya juga masih memberlakukan penerapan sanksi sosial bagi pelanggar, seperti menyapu jalanan selama satu hingga dua jam.

"Kalau tidak denda, mereka harus nyapu selama satu sampai dua jam," jelasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar