Siswa dan Guru MAN Kota Tegal Jalani Tes Swab, Kontak Erat dengan Siswa Positif Covid-19

  Senin, 14 September 2020   Lilisnawati
Petugas kesehatan tengah melakukan tes swab kepada sejumlah siswa dan tenaga pendidik MAN Kota Tegal, Senin (14/9/2020).(Lilisnawati/Ayotegal)

MARGADANA, AYOTEGAL.COM- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal melakukan penelusuran terhadap sejumlah kontak erat siswa sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Tegal yang terkonfirmasi positif.

Sedikitnya 15 siswa dan 10 tenaga pendidik menjalani tes swab di MAN Kota Tegal, Senin (14/9/2020).

Kepala Puskesmas Margadana Kota Tegal, dr Wahidin mengatakan, pihaknya melakukan tes swab terhadap orang yang memiliki kontak erat dengan siswi MAN Kota Tegal yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jadi ini kita lakukan tracing di MAN Kota Tegal, karena kemarin ada siswi di sini yang positif. Totalnya 15 siswa dan 10 guru yang kita swab hari ini," jelasnya.

Menurutnya, hasil swab akan diketahui dalam kurun waktu empat hari ke depan.

"Bergantung sama hasil dari laboratorium. Kalau cepat ya hasilnya cepat diketahui. Minimal empat hari," ucapnya.

Maka, bagi siswa maupun guru yang sudah diswab diminta untuk isolasi mandiri selama 10 hari.

"Diharapkan isolasi mandiri di rumah. Itu untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Kalau hasilnya negatif maka boleh beraktivitas lagi," ujarnya.

Kepala Sekolah MAN Kota Tegal, Kamaluddin membenarkan, bahwa seorang siswinya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

"Jadi siswa kita melakukan tes swab gratis program dari Pak Gubernur Jateng. Sudah lama, tiga Minggu yang lalu, hasilnya keluar Jumat kemarin," jelasnya.

Ia menjelaskan, siswa tersebut sempat melakukan kontak dengan sejumlah teman dan guru pada saat mengikuti simulasi terkait dengan kurikulum darurat di sekolah.

"Jadi kita bukan menggelar tatap muka. Kita melakukan simulasi untuk menerangkan kurikulum darurat. Misalnya pelajaran yang harus ditekuni siswa. Itu pun kita lakukan selama berjenjang dan siswa yang hadir juga terbatas," jelasnya.

Sementara saat memasuki hari kedua simulasi, Jumat (11/9/2020), pihaknya mendapat informasi dari Dinkes Kota Tegal bahwa seorang siswi MAN Kota Tegal terkonfirmasi positif Covid-19.

"Simulasi kita tutup. Hari ini kita melakukan tes swab teman dan guru yang sempat kontak dengan siswa tersebut," ucapnya.

Kamaluddin berharap, baik siswa maupun guru yang baru saja diswab hasilnya negatif dan bagi siswa yang terkonfirmasi positif agar segera diberi kesembuhan.

"Ya minta doanya saja supaya yang hari ini swab hasilnya negatif, dan siswa kita yang poautif segera diaembuhkan," ucapnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar