Sajikan Suasana yang Beda, Mengaji di Kedai Kopi Makin Ngetren

  Selasa, 15 September 2020   Dwi Ariadi
Suasana mengaji di kedai Nyong Kopi disiarkan secara live streaming.(Dwi Ariadi/Ayotegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Konsep kegiatan mengaji yang digelar di kedai kopi makin memikat perhatian peserta, terutama dari kalangan santri.  

Hal itu terlihat dari jumlah peserta Ngopi Santri (Ngolah Pikir Bareng Santri) di Kedai Nyong Kopi, Selasa (15/9/2020). 

Baru dua kali mengadakan kegiatan tersebut, pelanggan kedai Nyong Kopi makin banyak dibanding dengan yang pertama.

Dalam kegiatan itu mengabil tema ilmu dari kitab Irsyadul Ibad dengan menghadirkan narasumber yakni Muh. Romly F yang merupakan pengurus PCNU Kabupaten Tegal dan moderator Khusnul Aqib.

Salah satu pengunjung kedai, Nurkholis mengaku setiap saat ada acara di kedai selalu hadir. Sebab, selain ngopi ternyata dapat menambah wawasan dan pengetahun. 

Dia mengaku senang karena bisa ngopi sambil ngaji. ”Bagiku ini penting, karena wawasan dan pengetahuan bisa didapat di mana saja,”  ungkap Kholis yang merupakan warga Desa Blubuk, Kecamatan Dukuhwaru.

Begitu pula yang dikatakan Rojik. Warga Bulakwaru, Kecamatan Tarub ini mengaku selalu hadir di kedai Nyong Kopi, terlebih pada saat ada kegiatan diskusi, baik diskusi sosial padas aat Ngobrol Inspratif (Ngopi) yang digelar tiap Kamis maupun diskusi keagamaan yang digelar tiap Selasa. 

Pihaknya menilai kedai Nyong Kopi yang berlamat di Jalan Jeruk No.1 , Procot Slawi ini menjadi satu-satunya kedai yang menjadikan kedai sebagai tempat diskusi. 

”Ngopi Santri ini menjadi warna baru bagi kedai. Mungkin ngaji di majelis atau di tempat peribadatan itu biasa. Tapi ngaji sambil ngopi dan santai di kedai ini yang menurutku luar biasa. Karena itu, kami selalu hadir di kedai ini,” ungkapnya.

Rojik mengatakan, pada ngopi santri yang digelar pada sore hari ini, yakni pukul 15.30 sampai 17.00 akan selalu ramai. Sebab, masyarakat juga butuh pengatahuan, khususnya dalam bidang keagamaan tapi dengan cara-cara yang santai. 

Meskipun di majelis juga sudah banyak, terlebih pada saat ngaji dengan model ngopi santri ini dibuka sesi tanya jawab atau diskusi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar