Gandeng Komunitas, Polres Pemalang Bangun Kesadaran Kolektif Pakai Masker

  Selasa, 22 September 2020   Dwi Ariadi
Polres Pemalang menjalin kemitraan dari berbagai komunitas pentingnya penggunaan masker dalam mencegah penularan Covid-19.(dok)

PEMALANG, AYOTEGAL.COM - Polres Pemalang menjalin kemitraan dari berbagai komunitas untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya penggunaan masker dalam mencegah penularan Covid-19.

Komunitas tersebut di antaranya ojek online, paguyuban nelayan dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pantai Widuri Pemalang 

Bahkan, dalam kesempatan tersebut dilakukan deklarasi serentak pencegahan Covid-19. 

Perwakilan komunitas ojek online di Alun-alun Kabupaten Pemalang, paguyuban nelayan di TPI Tanjungsari dan Pokdarwis di Objek Wisata Pantai Widuri, Pemalang, Selasa (22/09) pagi.

Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengatakan, peran serta seluruh komponen masyarakat diperlukan untuk membangun kesadaran kolektif dalam penggunaan masker sebagai kebiasaan baru.

“Dengan harapan, komunitas masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Pemalang turut berpartisipasi dalam memberikan edukasi penggunaan masker pada masyarakat ketika menjalani profesinya sehari-hari,” harap Kapolres.

Selain itu, Kapolres mengatakan, kepatuhan dan kedisiplinan komunitas masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan akan menjadi teladan yang baik di tengah-tengah masyarakat.

Casmo, salah satu perwakilan Pokdarwis Widuri mengungkapkan, penerapan protokol kesehatan pada pengunjung di lingkungan objek wisata Widuri sudah dilaksanakan dengan mewajibkan penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Namun demikian, Pokdarwis secara rutin akan melaksanakan patroli di area objek wisata untuk memberikan himbauan pada pengunjung yang melepas masker dan tidak memperhatikan jarak fisik,” terang Carmo.

“Harapannya, partisipasi pokdarwis dapat membantu TNI-Polri dan pemerintah dalam meningkatkan kedisiplinan pengunjung di objek wisata Pantai Widuri, sehingga objek wisata tidak menjadi klaster baru penyebaran covid-19,” tutupnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar