Wabup Brebes Apresiasi TMMD di Kalinusu, Bangun Jalan Daerah Terisolir

  Jumat, 09 Oktober 2020   Dwi Ariadi
Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-109 di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes.(dok.Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Wakil Bupati Brebes Narjo mengapresiasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-109 di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu.

"TMMD bukan hanya tanggung jawab Kodim 0713/Brebes, tetapi juga tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Brebes," kata Narjo saat menyambut Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD di Makodim 0713/Brebes, Kamis (8/10/2020).

Menurut Narjo, program TMMD selama ini telah banyak dirasakan masyarakat desa. Program yang dilaksanakan merupakan upaya membantu pemerintah dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan.

"TMMD telah menunjukkan kapasitasnya yang mampu membuka daerah terisolir, daerah terpencil antardesa sampai antarkecamatan. Semoga kegiatan TMMD yang sedang berjalan tersebut, dapat berjalan lancar dan tujuannya tercapai," ucapnya.

Dandim 0713/Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan melaporkan, pelaksanaan kegiatan TMMD dimulai sejak 22 September dan berakhir pada 21 Oktober, berlokasi di Dukuh Kedungkandri dan Dukuh Karanganyar, Desa Kalinusu. 

Banyak pekerjaan fisik maupun non-fisik dilaksanakan. "Untuk pekerjaan fisik, mulai akses jalan sampai RTLH sebagian besar telah mencapai 80 persen. Sedangkan pekerjaan non-fisik, berupa sosialisasi pendidikan, kesehatan, bela negara sampai penyuluhan pertanian," ungkapnya.

Menurut Haikal, masyarakat Desa Kalinusu menginginkan akses jalan yang menghubungkan Dukuh Kedungkandri dan Dukuh Karanganyar. 

''Selama 34 tahun terisolir dan akses jalan berupa jalan setapak dan sungai. Nantinya hasil pertanian dengan mudah dapat menggunakan transportasi darat. Selain itu, memiliki potensi pertahanan di bidang pangan sebagai wilayah pertanian,''ujarnya.

Disampaikan, manfaat yang didapatkan dari kegiatan yaitu meningkatkan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kesadaran bela negara serta kemanunggalan TNI bersama rakyat  semakin tinggi.

Sementara, Tim Wasev TMMD Waster Kasad Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu menyampaikan, ini merupakan tugas dari Penanggung Jawab Operasi (PJO). Untuk melihat sampai sejauh mana perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengakhiran kegiatan TMMD.

"Ini wujud konkret dari kami, agar jangan sampai mengecewakan pemerintah daerah juga masyarakat. Secara umum, saat ini ada 47 sasaran TNI manunggal di Indonesia,"jelasnya.

Jimmy berharap, pemerintah dapat terus bersinergi dengan TNI juga Polri, karena semuanya tidak bisa bekerja sendiri. ''Semoga kegiatan TMMD bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat,''harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Tim Wasev, Wakil Bupati Brebes, Dandim 0713/Brebes bersama OPD Brebes meninjau langsung lokasi TMMD Reguler ke 109 di Desa Kalinusu, Bumiayu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar