BMKG : Wilayah Utara Jateng Brebes-Rembang Alami Hari Tanpa Bayangan

  Jumat, 09 Oktober 2020   Dwi Ariadi
Jadwal hari tanpa bayangan di Jawa tengah. (dok)

BANJARNEGARA, AYOTEGAL.COM -Sejumlah wilayah di utara Jateng hari ini, Jumat (9/10/2020) mengalami fenomena Hari Tanpa Bayangan. 

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Haryanta mengatakan, dari pengamatan BMKG hampir seluruh wilayah utara Jawa Tengah dari Brebes hingga Rembang mengalami fenomena hari tanpa bayangan, kecuali Kota Semarang.

Dari pengamatan, untuk Kota Semarang hari tanpa bayangan terjadi besok, Sabtu (10/10/2020) untuk waktunya pukul 11.25 WIB, ujarnya saat dihubungi ayosemarang.com. 

Haryanta menerangkan, fenomena hari tanpa bayangan merupakan fenomena yang terjadi 2 kali setiap tahunnya. Untuk 2020 ini hari tanpa bayangan terjadi di bulan Februari dan Oktober. 

''Sebenarnya hari tanpa bayangan ini terjadi saat kulminasi utama matahari. Di mana sudut matahari tepat di atas benda di bawahnya. Sehingga seolah bayangan menghilang, padahal bertumpuk dengan benda itu sendiri,''imbuhnya. 

Sementara itu, salah satu warga Mijen, Dika mengaku belum pernah melihat langsung hari tanpa bayangan secara langsung.  
''Belum pernah sih mas. Katanya nggak ada bayangan. Tapi kalau praktek mencoba langsung belum pernah,''ucapnya. 

Saat ditanya apakah akan mencoba melihat langsung besok hari tanpa bayangan di Semarang, Dirinya mengaku belum merencanakannya.  

''Ya bisalah dicoba. Pengin lihat jadinya. Kalau seru nanti bisa tak buat status di medsos,''candanya.(Vedyana Ardyansah)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar