Tak Mau Nganggur di Masa Pandemi, Mantan Buruh Otomotif Jual Ayam Geprek PHK

  Jumat, 16 Oktober 2020   Lilisnawati
Sofyan tengah sibuk merapihkan dagangannya, Kamis (15/10/2020). (AYotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL SELATAN, AYOTEGAL.COM -- Adanya pandemi Covid-19 memang banyak memberikan imbas yang luar biasa. Satu di antaranya berimbas pada buruh.

Banyak perusahaan yang merumahkan karyawan di masa pandemi Covid-19. Tak sedikit pula, buruh yang tidak mendapat perpanjangan kontrak bahkan menjadi korban PHK.

Seperti halnya pemuda di Kota Tegal, Sofyan (23) warga Kelurahan Sumurpanggang, Kota Tegal.

Sofyan menjadi salah satu buruh yang terdampak adanya Covid-19. Kontrak kerja di salah satu perusahaan otomotif di Cikarang, Jawa Barat tidak mendapat perpanjangan.

Ia pun kemudian berfikir bagaimana agar tetap produktif di masa pandemi. Dan akhirnya ia memilih banting stir dari buruh otomotif menjadi penjual ayam geprek.

"Iya awalnya saya jadi karyawan di perusahaan otomotif di Cikarang. Tapi berhubung ada pandemi, saya kontraknya tidak diperpanjang. Akhirnya saya memutuskan pulang dan milih berwirausaha. Sekarang jualan ayam geprek," katanya, Kamis (15/10/2020).

Usaha ayam geprek yang baru berjalan tiga bulan ini kemudian diberi nama Ayam Geprek PHK.

Lokasinya berada di Jalan Cik Ditiro, Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal atau tepatnya di seberang Puskesmas Bandung.

"Kalau ide jualan ayam geprek karena dulu di Cikarang saya sering makan ayam geprek. Kebetulan saudara juga bisa buat ayam tepung. Kalau soal nama, dapat masukan dari ustaz supaya gampang diinget orang," bebernya.

Sofyan mengaku, usaha yang masih dirintisnya ini butuh ketelatenan dan kesabaran ekstra agar semakin berkembang dan besar.

Ia mulai membuka lapaknya mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Karena baru merintis, sehari ramai-ramainya tiga ekor ayam dan sepi-sepinya paling satu ekor," katanya.

Meski demikian, Sofyan mengaku tak patah semangat untuk terus menekuni bisnis ayam geprek itu.

"Daripada nganggur di rumah, cuma tidur. Ya mending ramai atau sepi ditelateni. Karena juga ini buat bekal saya nikah," ucapnya.

Sofyan hanya berharap, pandemi Covid-19 cepat segera berakhir agar kondisinya kembali stabil dan usahanya menjadi ramai. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar