Libur Panjang, 4 Wisatawan di Jawa Tengah Positif Covid-19

  Senin, 02 November 2020   Dwi Ariadi
Suasana Candi Borobudur pada hari pertama libur cuti bersama 28-30 Oktober 2020. (Suara.com/ Angga Haksoro).

SEMARANG, AYOTEGAL.COM - Sebanyak empat kasus positif Covid-19 ditemukan dari hasil random tes selama libur panjang di sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya kini tengah mengebut untuk melakukan tracing kontak erat terhadap wisatawan yang kedapatan positif kasus Covid-19 itu.

"Hasil random tes yang kami lakukan di sejumlah titik pada 28 Oktober sampai 1 November menemukan ada empat kasus positif. Keempat kasus itu berasal dari wisatawan asal Medan, Semarang, Tangerang dan Trenggalek," kata Ganjar, Senin (2/11/2020). 

Selama libur panjang kemarin, pihaknya lanjut Ganjar melakukan random tes dengan cara rapid tes kepada 2.645 orang. Dari jumlah itu, 119 orang dinyatakan reaktif, dan setelah di swab PCR, ditemukan ada empat yang dinyatakan positif.

"Sekarang kami lakukan tracing tindakan-tindakan lainnya. Termasuk, koordinasi dengan daerah asal wisatawan," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo menerangkan, selama libur panjang 28 Oktober hingga 1 November, pihaknya menggelar random tes di 11 lokasi.

"Selain tempat wisata, random tes juga dilakukan di gerbang tol Kalikangkung, sejumlah rest area, dermaga Karimunjawa, Jembatan Timbang Ajibarang dan tempat-tempat lainnya. Dari hasil random tes itu, ada empat yang dinyatakan positif," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar