Dedy Yon Paparkan Potensi Kota Tegal ke Dewan Ketahanan Nasional

  Selasa, 17 November 2020   Lilisnawati
Pertemuan Tim Kajiam Daerah Sekjen Dewan Ketahanan Nasional, Selasa (17/11/2020). (dok.Humas Pemkot Tegal).

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal kedatangan tamu dari Tim Kajian Daerah Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Ketahanan Nasional, Selasa (17/11/2020).

Dalam kesempatan itu, pertemuan yang berlangsung di Gedung Adipura, Balai Kota Tegal dimanfaatkan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono untuk mengenalkan sekaligus memamerkan berbagai potensi di Kota Tegal, seperti potensi di sektor perikanan dan pariwisata.

Ia juga menyampaikan rencana pengembangan tempat pariwisata di Kota tegal, baik itu dengan gedung-gedung cagar budaya, tempat pariwisata pantai maupun event berskala nasional.

Bukan hanya itu, Dedy Yon juga menyampaikan, bahwa saat ini Pemkot Tegal sedang melakukan pemerataan pembangunan di empat kecamatan di Kota Tegal.

Untuk itu, ia berharap, melalui pertemuan tersebut Dewan Ketahanan Nasional ikut mendorong pengembangan potensi-potensi Kota Tegal.

"Saya berharap Dewan Ketahanan Nasional bisa turut mendorong pengembangan potensi-potensi di Kota Tegal. Salah satunya pengembangan pelabuhan dan Stasiun Tegal, agar mendapat perhatian dari pemerintah pusat," ujarnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Tim Kajian Daerah Dewan Ketahanan Nasional yang dipimpin oleh Brigjen TNI Heru Triyanto menyampaikan, bahwa tugas Watannas adalah membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan gerakan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia.

Sedangkan Sekretariat Jenderal Watannas merupakan supporting unit untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Wantannas, dengan membantu memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan rancangan kebijakan dan strategi nasional.

Ia menjelaskan, berdasarkan tugas tersebut, ia bersama rombongan melaksanakan kegiatan kajian daerah secara periodik ke daerah-daerah, dan salah satu daerah yang dipilih pada periode ini adalah Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes.

"Merujuk pada tugas dan fungsi Setjen Wantannas, maka salah satu program kerja kami adalah melaksanakan kegiatan kajian daerah secara periodik, dan salah satu dan salah satu daerah yang dipilih pada periode ini adalah Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes," katanya.

Brigjen Heri menyampaikan, bahwa lingkup kajian daerah yang di lakukan di daerah-daerah meliputi peninjauan secara langsung, baik secara fisik di daerah melalui peninjauan lapangan, maupun pengumpulan data administratif terhadap kondisi ketahanan nasional di delapan bidang.

Delapan bidang tersebut yakni demografi, geografi, sumber kekayaan, alam, ideology, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan.

"Data administrasi tersebut akan dimintakan ke instansi pemerintah, swasta dan masyarakat yang dapat memberikan informasi atau data-data yang dapat dijadikan kajian telaah dan laporan terkait kondisi ketahanan nasional di daerah," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar