BPBD Kota Tegal Berbagi Tips Cegah Ular Masuk Rumah saat Musim Hujan

  Rabu, 18 November 2020   Lilisnawati
Personel BPBD Kota Tegal saat sedang mencari ular di sekitar rumah warga di Kelurahan Sumurpanggang, Rabu (21/10/2020) (Dok. BPBD Kota Tegal).

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Memasuki musim penghujan, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap keberadaan satwa liar seperti ular yang berpotensi masuk ke pekarangan rumah.

Sebab, musim penghujan menjadi waktu menetasnya telur-telur ular setelah masa kawin pada Agustus-September 2020.

Untuk mencegah itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal memberikan beberapa tips mencegah ular masuk sekitar rumah.

Kalak BPBD Kota Tegal, Andri Yudi Setyawan mengatakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah datangnya ular di sekeliling rumah. 

Menurut Yudi, hal pertama yang perlu dilakukan yakni, masyarakat diimbau untuk rutin membersihkan area rimbun di sekitar rumah dan pemukiman warga. 

"Semua dibersihkan, dari mulai memotong rumput yang sudah mulai tinggi dan rimbun. Bila perlu melakukan kerja bakti di lingkungan rumah," katanya, Rabu (18/11/2020).

Kedua, memasang jebakan tikus untuk menghilangkan tikus di dalam rumah. Sebab, ular tertarik dan berpotensi datang ketika mencium bau tikus.

Ketiga, masyarakat diminta untuk memasang lampu penerangan di halaman rumah. Hal itu guna memantau pergerakan satwa di sekitar rumah. 

"Saya juga mengingatkan, bahwa ular tidak takut pada garam, tali ijuk, sabut kelapa, ataupun belerang tabur. Masyarakat biasanya menggunakan itu untuk mencegah ular masuk," ucapnya.

Adapun yang keempat, masyarakat bisa memasang obat nyamuk elektrik, menebar kapur barus, atau memasang semprotan pengharum otomatis di ruang tertutup. 

"Cara itu juga bisa dilakukan. Karena ular tidak suka atau cenderung menghindari bau menyengat yang tidak alami di ruang tertutup. Ular akan mencari udara segar agar daya penciumannya tidak terganggu," jelasnya.

Yudi mengatakan, ada delapan jenis ular yang sering menaruh telurnya di sekitar tempat tinggal manusia, di antaranya ular berbisa dan tidak berbisa.

Untuk yang berbisa, seperti jenis ular kobra, ular welang, ular cabe, dan ular hijau ekor merah. Sementara untuk jenis ular yang tidak berbisa, yakni ular jali, ular koros, ular piton, dan ular kadut. 

Meski demikian, Yudi mengimbau agar masyarakat tidak panik apabila menemukan ular di sekitar rumah. Sebab, pihaknya sudah menyiapkan personel untuk membantu masyarakat mengevakuasi ular.

"Kalau ada temuan ular, jangan panik. Tetap tenang, selamatkan diri dan hubungi call center BPBD Kota Tegal 082125258886. Dapat dihubungi via telepon atau Whatsapp untuk membantu penanganan," tandasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar