IDI Kota Tegal Bagikan Tips Jaga Imunitas Lawan Covid-19 di Musim Hujan

  Kamis, 19 November 2020   Lilisnawati
Ketua IDI Kota Tegal, dr Said Baraba, Sp.PD (Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Selain menerapkan protokol kesehatan berupa 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), menjaga imunitas tubuh juga menjadi syarat penting untuk mencegah penularan virus korona.

Itu sebabnya, masyarakat juga diimbau untuk menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19. 

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Tegal membagikan beberapa tips penting untuk menjaga kekebalan tubuh di masa pandemi, khususnya pada saat memasuki musim penghujan.

Ketua IDI Cabang Kota Tegal dr Said Baraba, Sp.PD menjelaskan, ada lima tips menjaga imunitas tubuh yang perlu dilakukan masyarakat.

Pertama, makan makanan yang bergizi, terutama makanan yang mengandung vitamin C. Hal itu akan memberikan kekebalan tubuh yang baik.

Kedua, pola pikir. Menurutnya, pola pikir yang positif akan memberikan kekuatan besar pada diri sendiri. Sebaliknya, orang yang mudah cemas dan marah akan mudah menurunkan kekebalan tubuh.

"Karena dengan berpikir positif, pikiran kita jadi tenanh sehingga bisa menambah imun tubuh," katanya, Rabu (18/11/2020).

Ketiga, istirahat dengan cukup. Sebab, kebutuhan istirahat yang terpenuhi akan menjadikan tubuh terasa segar ketika bangun.

"Setiap manusia kebutuhan istirahatnya bervariasi. Dewasa 6 sampai 8 jam. Kualitas tidur akan menentukan nyaman tidaknya tidur kita dan segar tidaknya pada saat kita bangun tidur," ucapnya.

Keempat, melakukan olahraga secara teratur. Ia mengatakan, olahraga yang bisa dikatakan baik yakni minimal lima kali dalam seminggu dengan batas waktu 30 menit sampai 1 jam lamanya.

"Orang yang rajin berolahraga akan mendapatkan tingkat kebugaran yang tinggi. Sehingga orang-orang yang punya tingkat kebugaran tinggi, tidak mudah terkena penyakit," ujarnya.

Kelima, selalu bergembira. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk menjauhkan diri dari rasa marah dan sedih.

Ia menilai, kelima tips tersebut jika dilakukan dengan baik maka imunitas tubuh akan lebih tahan dari penyakit apapun. 

"Yang terakhir adalah berdoa dan tawakal kepada Allah SWT. Karena doa merupakan afirmasi positif kepada otak kita," jelasnya

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar