Urgensi Reward dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

  Kamis, 03 Desember 2020   Dwi Ariadi
Pembelajaran di sekolah.(dok)

AYOTEGAL.COM -  Berbicara tentang pendidikan, terlebih dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini dibutuhkan motivasi dari guru kepada peserta didik secara intensif. 

Upaya motivasi tersebut sangat diperlukan untuk membangun semangat dalam diri peserta didik yang berasal dari orang di luar dirinya. Posisi guru dalam hal ini adalah menjadi orang tua kedua baginya setelah orang tua biologisnya.

Secara psikologis, seorang memerlukan motivasi yang kuat dari dalam dirinya dan juga dari lingkunganya. 

Kedua motivasi tersebut adalah hal yang tidak terpisahkan sekalipun perbandingannya berbeda. Motivasi yang kuat dari dalam diri seseorang tersebut akan mampu mencuat dikarenakan adanya motivasi atau stimulus dari lingkungan, dan hal ini menjadi tolok ukur tersendiri dalam memicu semangat yang ada dalam diri seseorang. 

Keluarga  dan orang lain menjadi faktor penting dan berperan dalam proses pendidikan terutama dalam proses pembelajarn peserta didik di masa pandemi covid 19 sekarang ini.

Pada dasarnya, setiap manusia ingin dihargai dan dihormati. Pada titik ini seharusnya menjadi titik ukur dalam tata cara bersikap antar guru dn peserta didik. 

Guru atau pendidik sangat berpengaruh besar dalam proses tumbuh kembang peserta didik. Peserta didik memposisikan gurunya sebagai teladan bagi dirinya untuk dijadikan contoh dalam laku kehdupan sehari-harinya. 

Bahkan, pengaruh tersebut terkadang lebih besar dibanding yang diperoleh dari orang tuanya di lingkungan rumah. 

Reward atau motivasi guru terhadap peserta didik di masa pandemi covid 19 misalnya dapat berupa pemberian kata-kata motivasi ketika peserta didik selepas mereka mengerjakan tugas dalam bentuk daring. 

Ungkapan motivasi dalam bentuk verbal tersebut kelihatannya sepele, akan tetapi mempunyai pengaruh besar bagi peserta didik. Hal ini tidak mengherankan jika kata-kata memiliki peran besar dalam kehidupan seseorang. 

Kata-kata mampu membakar semangat, kata-kata mampu membangun kesadaran jiwa dan kata-kata mampu merubah kehidupan seseorang terlebih bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. 

Di sinilah urgensi dari reward atau motivasi dalam membangkitkan semangat seseorang. Dalam konteks ini, sekali lagi bahwa reward bukan hanya berupa materi yang bersifat kebendaan, akan tetapi dalam bentuk namun pujian, kata-kata penyemangat, dan sikap penghargaan terhadap peserta didik ketika mereka mampu melaksanakan tugas.
 
Sebagai guru atau pendidik harus menyadari bahwa setiap peserta didik adalah istimewa siapapun mereka. 

Mereka berhak mendapatkan penghargaan dan penghormatan. Penghargaan atau motivasi itu sangat diperlukan dimasa pandemi ini. 

Beban tugas daring yang diberikan para guru di masa pandemi covid 19 tentu membuat para peserta didik menjadi stress. Disinilah peran guru dituntut untuk menjadi motivator sejati yang dapat membangun aura dan energi positif bagi peserta didik.

Pemberian reward di masa pandemi ini harus terus dilakukan guru kepada peserta didik tanpa henti. Jika tidak ada reward yang diberikan, maka tidak menutup kemungkinan peserta didik akan merasa tidak dihargai dan merasa gagal dalam proses belajarnya. Hal ini akan memutus semangatnya dalam belajar di masa pandemi sekarang ini. 

Oleh karenanya, reward sangatlah penting dalam proses belajar mengajar agar bisa diimplementasikan oleh guru dalam proses belajar mengajar masa daring. 

Semoga setiap guru atau pendidik mampu mempraktikkan rewarddalam konteks pembelajaran agar menghasilkan peserta didik yang kuat secara mental dan intelektual dalam menghadapi tantangan global.


Imam Budianto, S.Pd.SD, Guru SD N 01 Kabukan Kecamatan Tarub
Mahasiswa PPGJ Universitas PGRI Semarang Angkatan 4

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar