Tips Orang Tua Mendidik Anak di Masa Pandemi Covid 19

  Senin, 14 Desember 2020   Dwi Ariadi
Septi Kurnia Dewi, Guru SD Negeri Penujah Kabupaten Tegal..(dok)

AYOTEGAL.COM - Mendidik anak bukanlah pekerjaan yang mudah, terlebih pada masa pandemi covid 19 seperti sekarang ini. 

Keadaan pandemi Covid 19 dengan aturan protokol kesehatan yang ketat tentu putra-putri kita tidak bisa leluasa lagi bermain di luar rumah dan bertemu dengan teman sebayanya. 

Apalagi banyak tempat rekreasi pada masa pandemi ini banyak yang ditutup untuk menghindari peyebaran covid 19. Hal ini menimbulkan anak yang suka bermain dan berekreasi tidak bisa mengunjungi dan menikmati tempat wisata. 

Perubahan ini dapat menimbulkan dampak berupa kecemasan dan stres pada anak. Sehingga, orangtua harus pintar menciptakan nuansa yang aman dan nyaman bagi anak. 

Selain memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak, sebagai orangtua juga harus selalu menemukan kegiatan yang dapat membuat nyaman dan bahagia anak. Pastikan anak anda bahagia dimanapun berada.!

Berikut ada beberapa tips bagi orang tua dalam mendidik anak saat Pandemi Covid 19

1.Pastikan anda selalu dalam keadaan yang bahagia
Orang tua yang terlalu fokus dalam mendidik anak sering melupakan dirinya sendiri. Padahal kebahagiaan orang tua akan menular pada anak-anak.

2.Orang tua harus menjadi teladan bagi anak-anak
Orang tua adalah teladan pertama bagi anak-anak. Untuk itu orang tua harus senantiasa berakhlak mulia, jujur, disiplin, konsisten, bertanggungjawab, dan mampu mendampingi anak-anak dalam proses menuju manusia dewasa yang berakhlak.

3.Tetap tenang dan jangan menunjukkan kepanikan
Emosi tidak memiliki batas. Sama seperti virus, emosi juga dapat menyebar. Contohnya, ketika membagikan ketakutan, kepanikan, prasangka, dan hal-hal negatif di media sosial, orang yang jauh pun dapat terpengaruh serta ikut takut dan panik hanya dengan melihat atau membaca hal-hal negatif yang dibagikan tersebut dan itu tidak membantu melewati masa sulit ini

4.Lakukan kegiatan yang disenangi anak
Pada masa pandemi covid 19 maka kegiatan anak menjadi terbatas. Carilah kegiatan yang dapat dilakukan dirumah yang disenangi oleh anak-anak. Ajaklah anak untuk melakukan kegiatan yang disukainya bersama-sama. Sehingga anak tidak bosan dan selalu bersemangat walaupun hanya didalam rumah.

5.Pantau anak saat melakukan pembelajaran daring.
Dengan adanya pandemi covid 19 pelaksanaan pembelajaran yang biasanya dilakukan disekolah maka dilakukan dirumah dengan sistem daring. Maka pantau anak dalam penggunaan smartphone dan dalam mengikuti pembelajaran daring.

6.Mengetahui peran orang tua dalam mendidik anak zaman now
Dalam mendidik anak zaman now ada beberapa peran yang harus orang tua ketahui dan kuasai yaitu :

a.Orang tua sebagai Trainer adalah orangtua memberikan pelatihan pengetahuan dan ketrampilan kepada anak.
b.Orang tua sebagai Coach adalah orangtua harus membantu anak-anak dalam mencapai tujuannya dengan memaksimalkan potensi yang ada pada diri anak-anak
c.Orang tua sebagai terapis. Peran orangtua disini, jika memiliki anak dengan mental lemah, kurang percaya diri, gugup, ragu, malas, trauma, depresi dan lain-lain, maka orangtua harus mampu melakukan segala hal agar anak jadi lebih baik dan maju

Inilah beberapa tips untuk orangtua dalam mendidik anak zaman now pada masa pandemi Covid 19. Semoga bisa menjadi referensi buat orangtua agar sukses dalam mendidik anak walau dalam masa pandemi covid 19.

Septi Kurnia Dewi, S.Pd, Guru SD Negeri Penujah Kabupaten Tegal

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar