Bantu 11 Laptop ke LKSA, Umi Azizah: Permudah Akses Kegiatan secara Daring

  Rabu, 23 Desember 2020   Dwi Ariadi
Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Kepala Dinas Sosial Nurhayati menyerahkan bantuan laptop kepada LKSA.(dok.Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM -  Dinas Sosial Kabupaten Tegal menyerahkan bantuan sarana dan prasarana berupa laptop kepada 11 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), Rabu (23/12/2020). 

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Tegal Umi Azizah didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Nurhayati kepada LKSA yang sudah terakreditasi di bawah naungan Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Tegal.

"Total ada 21 LKSA yang sudah teakreditasi, tahun 2020 kita berikan dulu kepada sebelas LKSA, sedangkan yang sepuluh akan diajukan di tahun 2021," Kata Umi. 

Umi menyampaikan, diberikannya laptop tersebut guna membantu pendataan dari masing-masing LKSA. Tak hanya pendataan, menurut Umi, sarana tersebut juga mempermudah mengakses kegiatan di masa pandemi melalui daring. 

Umi berharap, dengan bertambahnya fasilitas harus sejalan juga dengan pelayanan LKSA dalam merespons permasalahan sosial, terutama pada anak. 

Menurut Umi, LKSA sebagai lembaga kesejahteraan sosial mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan dalam memberikan pelayanan hingga pengasuhan. 

Dia berharap dengan menggunakan pendekatan pengasuhan berbasis keluarga, akan menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi anak-anak. 

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Sosial per tahun 2020, sejumlah 1.267 anak terlantar 932 diantaranya sudah tertampung di pantai asuhan. 

Sedangkan sisanya, menurut Nurhayati berada di luar panti dan membutuhkan penjangkauan lebih intensif. 

"Jumlah yang sudah tertangani belum seberapa. Tetapi saya sangat mengapresiasi kepada semua yang sudah berperan sebagai wali atau pengganti orang tua dalam memenui kebutuhan fisik, mental dan sosial, sehingga mereka mendapatkan kesempatan yang sama seperti anak-anak sebayanya," ujar Umi. 

Nurhayati juga mengungkapkan data Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kabupaten Tegal per 2020 terdapat 217.090 orang yang terdiri dari fakir miskin, perempuan rawan sosial ekonomi dan disabilitas.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar