Jokowi Resmikan Lanskap Baru Istiqlal

  Jumat, 08 Januari 2021   Dwi Ariadi
Pemukulan bedug sebagai tanda peresmian Renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta oleh Presiden Jokowi/dok: YouTube Sekretariat Presiden

JAKARTA, AYOTEGAL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat pada Kamis kemarin yang telah rampung direnovasi. 

"Hari ini (Kamis kemarin) Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua, telah selesai direnovasi. Alhamdulillah," ujarnya saat memberikan sambutan peresmian renovasi Masjid Istiqlal yang disiarkan langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/1/2021). 

Renovasi Masjid Istiqlal yang dilakukan selama 14 bulan ini menghabiskan anggaran Rp511 miliar. Rehabilitasi ini merupakan yang pertama sejak berdiri 42 tahun lalu. 

Jokowi menilai, Masjid Istiqlal berubah total dan seperti baru. "Lanskapnya ditata ulang menjadi indah dan semakin tertata rapi." 

"Lantainya juga saya lihat sudah tiga kali lebih berkilau, tata cahayanya juga diganti sangat modern dan indah, dan sungai yang membelah Istiqlal semakin bersih dan rapi," sambungnya. 
Menurutnya, renovasi juga memperhatikan aspek seni, arsitektur, dan estetika selain memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah. 

"Yang tidak kalah penting, tetap mempertahankan pada kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid,” imbuhnya. 

Politikus PDIP itu melanjutkan, Masjid Istiqlal didirikan sebagai rasa syukur atas rahmat Allah Swt sehingga Indonesia mendapatkan kemerdekaan. 

Diharapkan fasilitas ibadah ini bisa menjadi contoh dan pelopor membangun toleransi bagi masjid lainnya. "Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Masjid Istiqlal harus menjadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, yang membangun toleransi, dan membangun perdamaian,” tutupnya. 

Peresmian renovasi tersebut ditandai dengan pemukulan beduk sekaligus penandatanganan prasasti peresmian renovasi oleh Presiden Joko Widodo. 

Setelahnya, Kepala Negara juga menyempatkan diri salat magrib berjamaah di masjid tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Hadir dalam peresmian tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan(Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.(Aini Tartinia)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar