Tak Layak Huni, ACT dan Lanal Tegal Bedah Gubuk Mbah Tomo

  Senin, 11 Januari 2021   Dwi Ariadi
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tegal bersama TNI-AL membedah gubuk yang dihuni oleh Mbah Tomo, warga Desa Gembongdadi, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.(dok.ACT Tegal)

 

SURADADI, AYOTEGAL.COM - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tegal bersama TNI-AL membangunkan rumah yang dihuni oleh Mbah Tomo, warga Desa Gembongdadi, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

Mbah Tomo selama ini menempati sebuah gubuk yang kurang layak huni. Kegiatan tersebut dimulai pada Jumat (8/1/2021) lalu. Gubuk Mbah Tomo dirobohkan. Proses pembangunan rumah kini masih berlangsung.

Pangkalan TNI-AL (Lanal) Tegal yang diwakili oleh Peltu SAA Khumedi selaku Babin Potmar Lanal Tegal mengatakan, kegiatan ini merupakan program Pusat dikenal dengan istilah Rutilahu, program karya bakti TNI-AL. 

Dia berharap kerja sama ACT Tegal dan Lanal Tegal terus berlanjut untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk dilayakkan hidupya.

''Mengenai Mbah Tomo, padahal di desa itu tidak tinggal diam. Kami memang sudah memikirkan. Namun ada kendala, tanah yang Mbah Tomo huni ini bukan miliknya, kalapun tanah ini miliknya ya dari desa siap,''kata Karyoto, Kepala Desa Gembongdadi. 

Dikatakan, sebenarnya tahun 2020 sudah ada dana desa yang akan dialokasikan untuk Mbah Tomo, tapi karena ada covid ya dana dialokasikan ke Covid-19. 

“Memang kasus ini sudah viral, sudah banyak media-media, DPR, Koramil, Kecamatan menangani kasus ini. Tapi realisasinya sampai sekarang masih nol. Dan dari kami mengucapkan terima kasih kepada ACT Tegal sudah terbantu,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Tegal Siswanto mengatakan, kegiatan tersebut membawa keberkahan bagi Mbah Tomo dan warga Gembongdadi. 

"Hari ini jumat barokah, kita bekerja sama dengan Lanal Tegal dan Pemerintahan Kabupaten Tegal yang diwakili oleh Pak Lurah Desa Gembongdadi. Hari ini Alhamdulillah kita membongkar kediaman Mbah Tomo. Semoga di usia yang ke 94 tahun bisa beristirahat dengan tenang, lebih sehat, dan semoga membawa keberkahan bagi Desa Gembongdadi ke depannya,''kata Siswanto.

"Kita berharap kedepannya kerjasama antarlintas lembaga ini bisa terjalin terus,"tandasnya menambahkan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar