Dibawa Garuda, 15 Juta Bahan Baku Sinovac Tiba di Bandar Soetta Siang Tadi

  Selasa, 12 Januari 2021   Fitria Rahmawati
ilustrasi vaksin Sinovac/ Foto: Ng Han Guan/AP via Republika

TEGAL, AYOTEGAL.COM - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengemukakan, 15 juta dosis bahan baku untuk membuat vaksin Sinovac tiba di Indonesia siang tadi, Selasa (12/2/2021). Bahan baku buatan perusahaan biofarmasi Sinovac Biotech Ltd tersebut tiba di Bandara Soekarno - Hatta sekira pukul 12.20 WIB, diangkut menggunakan pesawat Garuda. Bahan baku pembuat vaksin ini merupakan kedatangan kali ketiga dari China.

Kedatangan bahan baku tersebut disiarkan melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, dan kemudian akan diolah oleh PT Bio Farma menjadi vaksin siap pakai.

“Baru saja kami dengan Menteri Agama dan Direktur Utama Garuda meninjau proses uploading vaksin Sinovac yang baru saja tiba di Tanah Air sebanyak 15 juta dosis,” kata Doni saat konferensi pers.

Ia mengatakan, kedatangan tahap ketiga vaksin Sinovac ini akan menambah jumlah dosis vaksin yang ada di Indonesia untuk pelaksanaan vaksinasi kepada seluruh masyarakat. 

AYO BACA : Kasus Dangdutan, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Divonis 6 Bulan dan Denda Rp50 Juta

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dengan pengolahan 15 juta dosis bulk vaksin ini maka Indonesia akan memiliki 12 juta vaksin jadi pada awal Februari nanti. Sebagai informasi, sebelumnya pemerintah telah mendatangkan tiga juta vaksin Covid-19 Sinovac dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, pemerintah menerima 1,2 juta vaksin Sinovac pada Minggu (6/12/2021). Kemudian, pada tahap kedua, sebanyak 1,8 juta vaksin Covid-19 Sinovac yang berasal dari Cina tiba di Indonesia.

Program vaksinasi sendiri rencananya dilakukan untuk pertama kalinya pada Rabu (13/1/2021) esok. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi orang pertama di Indonesia yang akan menerima suntik vaksin tersebut.

Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, vaksin Covid-19 asal Cina inipun telah resmi mendapatkan fatwa halal dari MUI.

AYO BACA : Besok Vaksinasi Anticovid-19 Perdana, Simak Pesan dari MUI!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar