Waspada! BMKG: Pertengahan Januari, Tegal Raya Masuk Puncak Musim Hujan

  Kamis, 14 Januari 2021   Lilisnawati
ilustrasi musim penghujan.(Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM- Badan Meteorologi, Klimatogi dan Geofika (BMKG) Tegal memprediksi puncak musim hujan di wilayah Tegal Raya terjadi pada pertengahan Januari hingga Februari 2021.

Masyarakat di wilayah Tegal Raya diimbau untuk mewaspadai bencana hydrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Prakirawan BMKG Tegal Laylya Isnaini mengatakan, curah hujan tinggi masih berpeluang terjadi di wilayah Tegal Raya. Khususnya Tegal bagian selatan.

"Untuk beberapa hari ke depan, cuaca di wilayah Tegal bagian selatan berpeluang hujan ringan-lebat pada siang-malam hari. Sedangkan untuk wilayah Tegal bagian utara berpeluang hujan ringan-sedang pada sore-malam hari dan dini hari," jelasnya, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, curah hujan tinggi menjadi salah satu pertanda datangnya puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada pertengahan Januari hingga awal Februari 2021.

"Masyarakat diminta waspadai cuaca esktrem yang bisa memicu bencana hydrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. Seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu di wilayah Bumijawa," ujarnya.

Laylya mengatakan, angin puting beliung masih berpotensi terjadi, namun bersifat lokal.

"Masih ada potensi terjadi angin puting beliung, tapi sifatnya lokal. Artinya, luasannya sempit, dalam waktu singkat dan tidak terdeteksi oleh citra satelit," terangnya.

Selain itu, untuk masyarakat pesisir juga diminta untuk mewaspadai terjadinya gelombang tinggi.

"Selain itu, juga perlu diwaspadai tinggi gelombang di perairan utara Jateng yg berkisar 2,5 -4 meter," ungkapnya

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar