Cuaca Buruk, BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Perairan Tegal Capai 4 Meter

  Senin, 18 Januari 2021   Lilisnawati
Ilustrasi Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal.(dok.Ayotegal/Lilisnawati)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Kondisi cuaca di wilayah Tegal Raya saat ini terpantau kurang bersahabat. Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih terus terjadi di wilayah Tegal dan sekitarnya.

Ditambah lagi dengan adanya gelombang tinggi yang terjadi di Perairan Utara Jawa Tengah. Ketinggian gelombang mencapai 4 meter. Kemudian kecepatan angin yang mencapai 20 km/jam.

Prakirawan BMKG Tegal Sri Nurlatifah mengatakan, hujan ringan hingga lebat masih berpeluang terjadi di wilayah Tegal Raya. Mengingat, saat ini sedang berada di masa menuju puncak musim penghujan.

"Karena ini lagi masa-masa menuju puncak musim penghujan. Jadi hujan ringan hingga lebat, pada pagi, siang sore dan malam hari masih berpotensi terjadi," ujarnya, Senin (18/1/2021).

Sri juga mengungkapkan, bahwa wilayah Perairan Utara Jawa Tengah terutama Perairan Tegal dan sekitarnya tengah dilanda gelombang tinggi.

"Tinggi gelombang juga lagi tinggi, yakni dari 2,5 meter sampai 4 meter yang akan terjadi sejak kemarin dan diprediksi sampai 19 Januari 2021," katanya.

Sementara untuk kecepatan angin di wilayah Tegal Raya, berkisar 5 km/jam hingga 20 km/jam.

"Kecepatan angin sendiri, masih berkisar antara 5 km/jam sampai 20 km/jam. Tetapi, dari data pantauan kami, kecepatan angin beberapa hari yang lalu sampai 28 km/jam," bebernya. 

Ia menyebut, cuaca buruk disebabkan adanya konvergensi yang berada di atas wilayah Jawa Tengah. Hal itu memicu adanya pertumbuhan awan-awan konvektif.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih mewaspadai terjadinya cuaca buruk, utamanya gelombang tinggi bagi para nelayan.

"Kami mengimbau agar masyarakat yang beraktivitas di wilayah pesisir ataupun nelayan kecil agar lebih waspada dan selalu update perkembangan cuaca," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar