Mahasiswa KKN UIN Walisongo di Tegal Adakan Pelayanan Poksila

  Rabu, 20 Januari 2021   Dwi Ariadi
Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang adakan pelayanan kelompok Lansia (Poksila) "Setia Kawan", di Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Rabu (20/01/2021).(dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR) Ke-XI Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Kelompok 64 mengadakan pelayanan Kelompok Lansia (Poksila) "Setia Kawan", di kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Rabu (20/1/2021).

Menurut pengurus Poksila ''Setia Kawan'', Yayu, pelaksanaan pelayanan posyandu untuk lansia sangat baik, tetapi banyak yang harus dipertimbangkan untuk menyelenggarakan kembali, karena kondisi pandemi yang rawan untuk para lansia.

''Hampir setahun tidak ada pelaksanaan Poksila. Baru bulan Januari ini dilaksanakan kembali karena memang  sangat dibutuhkan oleh para lansia untuk mengecek kesehatan tiap bulan, seperti mengecek tensi darah, asam urat dan kolesterol", paparnya.

Untuk mencegah penularan Covid-19 semua petugas kesehatan menggunakan protokol kesehatan, mulai dari penyemprotan pos dengan disinfektan, penyediaan cuci tangan, handsanitizer dan mewajibkan peserta menggunakan masker. 

Peserta kegiatan, Kanapi merasa terbantu dengan diadakannya kembali kegiatan ini.

"Alhamdulillah akhirnya pelayanan tensi dan cek kesehatan diadakan kembali, kami merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, sehingga kami bisa mengetahui penyakit ringan sedari dini,"ujarnya

Sementara itu, mahasiswa KKN Hanum mengatakan, dalam kegiatan ini dilakukan pula penyuluhan terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19, seperti pembiasaan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), social distancing, dan menjaga imunitas tubuh.

Menurut Hanum, Poksila Setia Kawan bisa menjadi contoh baik pelaksanaan pelayanan terpadu. ''Pelayanan ini cukup unggul, para kader aktif mengontrol kesehatan lansia."

Risqi Ayu Sunasih, Mahasiswa  Hukum Keluarga Islam UIN Walisongo Semarang

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar