Sasar Ibu-ibu, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Edukasi Vaksin Covid-19

  Jumat, 22 Januari 2021   Dwi Ariadi
Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang saat Edukasi Vaksin Covid-19 di Posyandu Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Kamis (21/01/2021).(dok)

ADIWERNA, AYOTEGAL.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN MIT DR) Ke XI UIN Walisongo Semarang menggelar aksi sosial bertajuk Edukasi dan Sosialisasi tentang Vaksin Covid-19 di Posyandu Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Kamis (21/1/2021).

Menurut koordinator acara, Nurul Khikmah, aksi sosial ini dilakukan karena keprihatinan akan pengetahuan ibu-ibu sekitar, apalagi setelah munculnya berita hoaks yang banyak beredar.

"Edukasi tentang vaksin covid-19 sangat penting dan wajib dilakukan karena melihat dari pengetahuan masyarakat yang terbatas, dan ini merupakan momen yang tepat untuk melakukan sosialisasi, tentunya didampingi oleh bidan setempat serta tetap mematuhi protokol kesehatan,''katanya.

Kegiatan sosialisasi ini dimulai dari memperkenalkan jenis vaksin produksi Sinovac yang datang ke Indonesia pada minggu 6 Desember 2020 di Bandara Soekarno Hatta sejumlah 1,2 juta dosis vaksin. 

Selain itu, mahasiswa juga menjelaskan reaksi yang mungkin muncul ketika divaksin serta menjelaskan terkait kelompok masyarakat mana saja yang bisa dan yang tidak bisa divaksin.

Dari sejumlah ibu-ibu yang datang, ada beberapa yang menanyakan terkait kehalalan vaksin tersebut. Wanita asal Mejasem tersebut menerangkan bahwa vaksin sinovac tersebut sudah halal dan suci sesuai ungkapan Sekertaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni'am Sholeh.

Kader Posyandu Pesarean Yuli mengatakan, kegiatan posyandu ini dilaksanakan rutin setiap bulan, namun semenjak pandemi covid-19 tidak dilaksanakan dan baru dimulai kembali sekarang ini.

"Sosialisasi vaksin covid-19 sangat dibutuhkan oleh masyarakat, tidak semua masyarakat mengetahui informasi secara detail terkait hal tersebut", paparnya.

Lanjut Yuli, ia merasa terbantu dengan adanya mahasiswi KKN UIN Walisongo yang ikut membantu terlaksananya kegiatan ini.

"Saya merasa terbantu dengan adanya sosialisasi ini, mahasiswi KKN UIN Walisongo Semarang sudah memberikan informasi terkait vaksin covid-19 secara detail," pungkasnya.

Nurul Khikmah, mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar