Waspada Cuaca Ekstrem di Jateng!

  Sabtu, 23 Januari 2021   Fitria Rahmawati
ilustrasi cuaca ekstrem/ shutterstock

SEMARANG, AYOTEGAL.COM - Dalam 3 hari ke depan, cuaca ekstrem bakal mengintai di sejumlah wilayah Jawa Tengah. Peringatan dini tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Sutikno mengatakan, berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di selatan Indonesia yang memicu terbentuknya belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah.

AYO BACA : Kemendagri Minta Pemda Alokasikan Anggaran untuk Vaksinasi

"Kondisi tersebut didukung denganĀ  massa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas sehingga mendukung proses pembentukan awan hujan di Jawa Tengah," ujarnya dalam keterangan tertulis yang didapat, Sabtu (23/1/2021).

Melihat kondisi tersebut, Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode 23-25 Januari 2021 potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah.

AYO BACA : Wali Kota Bersama Tokoh Lintas Agama di Kota Tegal Turut Doakan Keselamatan Bersama

Untuk tanggal 23 Januari, potensi cuaca ekstrem ada di Cilacap, Kebumen, Banyumas, Brebes, Wonosobo, Temanggung, Kab/Kota Magelang, Banjarnegara, Boyolali, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Klaten, Surakarta, Sragen, Karanganyar, Wonogiri dan sekitanya.

"Lalu di tanggal 24 Januari, potensinya ada di Wonosobo, Temanggung, Kab/Kota Magelang, Banjarnegara, Boyolali, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Batang, Kendal, Klaten, Sragen, Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Surakarta, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Pekalongan dan sekitanya," imbuhnya.

Sedangkan tanggal 25 Januari, potensi cuaca ekatrem dipredikasi terjadi di Brebes, Temanggung, Kab/Kota Magelang, Salatiga, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Wonosobo dan sekitarnya. (Ayosemarang/ Vedyana)

AYO BACA : Taat Laksanakan Protokol Kesehatan, Ketua Satgas Doni Monardo Positif Covid-19

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar