Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikut Sukseskan Imunisasi Balita di Posyandu

  Minggu, 24 Januari 2021   Dwi Ariadi
kegiatan Posyandu di Dukuh Kandang, Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.(dok)

BALAPULANG, AYOTEGAL.COM – Meski dalam masa pandemi, kegiatan Posyandu di  Dukuh Kandang, Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal tetap berjalan tiap bulan. 

Salah satunya yaitu Posyandu Melati. Kegiatan di Posyandu Melati selain penimbangan berat badan dan tinggi badan, namun juga terdapat kegiatan imunisasi. 

Kegiatan imunisasi untuk balita juga tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. Imunisasi yang dimaksud yaitu imunisasi cetafalen, cetafalen dpt, vaksin Hib, Polio,  campak dan IPV.  

Salah satu mahasiswa KKN MIT DR-XI Kelompok 64, Nur Innayatul Fatkhiyah menyempatkan diri untuk membantu kegiatan imunisasi di Posyandu Melati. Ia mengaku senang karena dapat membantu kader dan bidan disana.

"Jumlah balita ada 85 anak, namun yang sering datang sekitar 40 anak saja. Untuk pemantauan KMS (Kartu Menuju Sehat) dapat dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali. Termasuk selama masa pandemi Covid-19 melalui para kader. Waktu pandemi Covid-19 pertama kali diliburkan terlebih dahulu, dan untuk sekarang sudah dilaksanakan kembali sesuai protokol kesehatan dengan tetap memperhatikan jadwal imunisasi, physical distancing dan sarana kesehatan yang ada,” jelas Nur Aliya, Sabtu (23/01/2021).

Setelah kegiatan imunisasi, Bidan  memberikan edukasi kepada orang tua balita tentang efek samping dan manfaat dari imunisasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah rasa kepanikan orang tua dan menambah pengetahuan mereka tentang imunisasi. 

Pemberian imunisasi dasar dimulai sejak usia 0-9 bulan dan untuk imunisasi lanjutan usia 18-24 bulan : 1 dosis DPT, Hepatitis B, HiB, dan Campak/MR, kelas 1 SD/Sederajat, dan Kelas 2 dan 5 SD/ Sederajat. 

Bidan desa, Romala menjelaskan tentang pentingnya imunisasi yaitu untuk membangun kekebalan tubuh". 

Dijelaskan, imunisasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu. Agar antibodi tersebut terbentuk, seseorang harus diberikan vaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan. 

"Saya berharap, pelayanan posyandu seperti pemberian imunisasi tetap berjalan walaupun ditengah pandemi. Tapi tetap ingat untuk mengutamakan kebijakan pemerintah agar tetap menjaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan" tutup bidan Romala.

Nur Innayatul Fatkhiyah, Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar