Mahasiswa Ilmu Falak UIN Walisongo Lakukan Kalibrasi Arah Kiblat di Masjid Danawarih

  Minggu, 24 Januari 2021   Dwi Ariadi
Kegiatan kalibrasi arah kiblat di Masjid Danawarih oleh Mahasiswa KKN UIN Walisongo, Minggu (24/1/2021)(dok).

LEBAKSIU, AYOTEGAL.COM - Salah satu syarat sahnya sholat adalah menghadap kabah atau arah kiblat, Maka dari itu setiap pembangunan masjid dan mushola harus memperhatikan arah kiblat dengan tepat. 

Mahasiswa Ilmu Falak UIN Walisongo bekerjasama dengan takmir Masjid Baitul Atiq Danawarih melakukan kalibrasi arah kiblat di Masjid Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Minggu (24/1/2021).

Pengukuran dilakukan oleh M. Nur Iskandar Fajri, salah seorang mahasiswa Ilmu Falak dengan didampingi Ketua Takmir Masjid Baitul Atiq Ust. Mohamad Sahli

Ustad Sahli menjelaskan, arah kiblat masjid tersebut telah diukur pada saat pembangunan oleh ulama Kabupaten Tegal.

''Pembangunan masjid dimulai tahun 1967 dan berdiri pada tahun 1968 sedangkan pengukuran arah kiblat ini memakai beberapa kompas dan disaksiksikan oleh ulama Kabupaten Tegal termasuk KH Miftah waktu itu beliau ahli falak di Kabupaten Tegal” katanya.

Ustad Mohamad sahli menambahkan, bahwa masjid ini telah diukur oleh depag Kabupaten tegal dan kurang melenceng ke arah kiblat. 
“Arahnya itu dengan bangunan yang dulu itu sudah berbeda jauh, jadi masjid lebih cenderung ke arah barat sedangkan pengukuran dari Depag Kabupaten Tegal itu arahnya kurang ke arah Kiblat.” imbuhnya

Mahasiswa prodi Ilmu Falak itu juga menyampaikan bahwa arah kiblat Masjid Baitul Atiq melenceng sebesar 10 derajat dari arah kiblat hal ini bisa dimungkinkan adanya human error atau alat yang kurang memadai pada pengukuran arah kiblat saat pembangunan masjid yang hanya menggunakan kompas magnetik yang mana keakurasiannya masih kurang tepat.

Ketua Takmir Masjid Baitul Atiq, Ust. Mohamad Sahli mengapresiasi dan berharap bisa menambah wawasan soal arah kiblat. 

''Semoga kegiatan ini mudah-mudahan bisa menambah wawasan terutama kita,''pungkasnya. 

M. Nur Iskandar Fajri, Mahasiswa Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar