Mahasiswa KKN UIN Walisongo Latih Cara Bikin Hand Sanitizer dari Bahan Alami

  Kamis, 28 Januari 2021   Dwi Ariadi
Kegiatan pembuatan handsanitizer dari bahan alami bersama anak-anak di Desa Sukaraja, Kecamatan, Warureja, Kabupaten Tegal, Rabu (27/1/2021).(dok)

WARUREJA, AYOTEGAL.COM -- Mahasiswa kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR) UIN Walisongo Semarang ke XI kelompok 64 mengadakan pelatihan pembuatan hand sanitizer dari bahan alami.

Kegiatan tersebut digelar di Desa Sukaraja, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Rabu (27/1/2021). Seorang mahasiswa, Agus Ma'sum Ubaidah berinisiatif memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapat oleh masyarakat.

Menurut Ma'sum, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat akan pentingnya pencegahan Covid-19 sejak dini dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kita.

"Pembuatan hand sanitizer ini menggunakan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan dan tentunya dengan harga terjangkau, yaitu daun sirih dan jeruk nipis", paparnya.

Disampaikan, bahan-bahan tersebut memiliki manfaat tersendiri. Kandungan air daun sirih sama efektifnya dengan etanol yang berfungsi mengurangi jumlah bakteri dan virus, 

Sementara itu daun sirih adalah bahan yang mudah mengalami proses oksidasi, untuk menguranginya dengan menambahkan air jeruk nipis yang bersifat anti-oksidan dan anti-bakteri.

Pembuatannya cukup mudah yaitu dengan menyiramkan air mendidih ke dalam daun sirih, kemudian kukus daun sirih selama 30 menit. Langkah terakhir dengan mencampur air saringan daun sirih dengan air perasan jeruk nipis.

Sementara mahasiswa lain, Muhammad Bagus Ramadhan mengaku senang dengan adanya kegiatan ini dan bisa menambah wawasan bagi teman-teman semua agar senantiasa bisa memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat agar dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar dan dapat memberikan informasi serta pengetahuan tentang cara pembuatan handsanitizer alami.

''Masyarakat dapat membuat sendiri handsanitizer yang dapat digunakan pribadi,''ujarnya.


Ma'sum Ubaidah, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar