Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bantu Pembelajaran TPQ Al-Amal Danawarih

  Senin, 15 Februari 2021   Dwi Ariadi
Kegiatan mengajarkan Alquran kepada para siswa madrasah di TPQ Al - amal Danawarih, Senin (15/2/2021).(dok)

LEBAKSIU, AYOTEGAL.COM - Pandemi Covid-19 masih belum menunjukKan kapan akan berakhir. Telah banyak sektor yang terdampak di masyarakat akibat pandemi ini, salah satunya adalah dari sektor pendidikan. 

Bukan hanya lembaga pendidikan formal saja, akan tetapi lembaga non-formal pun ikut terkena dampak dari pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. 

Salah satu  lembaga pendidikan non-formal yang terdampak  ialah lembaga pendidikan TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) tempat dimana anak- anak belajar dan dididik sesuai dengan ajaran Alquran, berupa cara mengaji yang tepat dan pendidikan karakter (akhlakul karimah) pada setiap anak. 

Menyikapi masalah tersebut Muhammad Syifaul Qolbi, mahasiswa KKN MIT DR XI kelompok 64 UIN Walisongo Semarang melaksanakan program bantuan pengajaran di TPQ Al-Amal, Desa Danawarih, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal guna mengoptimalkan pembelajaran yang sering terhenti akibat pandemi, Senin (15/2/2021)

Madrasah tersebut memiliki 8 orang tenaga pengajar dengan jumlah murid sebanyak 60 anak yang terbagi menjadi 5 kelas sesuai dengan tingkatan bacaan. Sistem pengajaran di TPQ terbagi menjadi 2 waktu kegiatan yaitu belajar di sore hari dan tambahan pada malam hari

Muhammad Syifaul Qolbi menuturkan, kegiatan bantuan mengajar ini dilakukan dengan tujuan untuk mengamalkan ilmu agama yang telah saya dapatkan di universitas yang berbasis agama islam (UIN Walisongo Semarang) dan dapat membantu mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar di TPQ yang sempat terhenti akibat pandemi.

''Pendidikan yang berbasis pada ilmu agama menjadikan hal yang penting bagi anak-anak di usia dini, mengingat ilmu yang didapat merupakan bekal kita esok nanti, dengan mengajar tajwid, menyimak bacaan Alquran, doa-doa serta wirid tugas utama kita untuk memberikan pemahaman bagaimana cara membaca Alquran, doa wirid yang benar,''katanya. 

Kegiatan ini, lanjut dia, mendapat respon positif, apresiasi dari kepala sekolah TPQ Al-amal yang merasa terbantu dengan program tersebut.

''Mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan pengajaran yang dilakukan oleh mas Qolbi, terutama bantuan pengajaran bagi siswa kelas akhir yang mendapat bimbingan latihan untuk proses wisuda nanti." ujar Muhammad Suvian, selaku kepala sekolah TPQ al-Amal Danawarih.

Muhamad Syifaul Qolbi, Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar