Satgas Pamtas Yonif 407/PK Temukan Kayu Hasil Illegal Logging di Perbatasan

  Kamis, 18 Februari 2021   Dwi Ariadi
Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Pos Sei Seria menemukan kayu hasil illegal logging di daerah perbatasan saat melakukan patroli.(dok)

ADIWERNA, AYOTEGAL.COM - Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Pos Sei Seria menemukan kayu hasil illegal logging di daerah perbatasan saat melakukan patroli. 

Personel Pos Sei Seria yang dipimpin Sertu Basroni selaku Danpos Sei Seria beserta 4 orang anggotanya menemukan kayu sebanyak 14 batang jenis Belian di kawasan hutan lindung Sungai Seria, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan dalam rilisnya yang diterima Ayotegal, Kamis (18/2/2021) mengatakan, penemuan kayu tersebut bermula saat Patroli Keamanan yang dilakukan oleh personel Pos Sei Seria.

Ketika dalam perjalanan anggota Pos Sei Seria melihat kayu yang sudah tertebang. Merasa curiga, Sertu Basroni bersama 4 anggotanya kemudian melakukan pemeriksaan dan melihat adanya tumpukan kayu yang di duga kuat kayu tersebut merupakan hasil aktivitas pembalakan liar.

"Saat dilakukan penyisiran di sekitar lokasi, anggota Pos Sei Seria juga menemukan barang bukti lain berupa 2 jerigen yang berisi oli dan bensin campur," kata Dansatgas

“Patroli ini merupakan kegiatan rutin yang sudah dilakukan oleh anggota Satgas Pamtas untuk menekan dan meminimalisir banyaknya tindakan illegal di wilayah perbatasan, khususnya kegiatan illegal logging yang sering terjadi di hutan lindung,” kata Letkol Inf Catur Irawan.

Sementara itu, kayu olahan hasil pembalakan liar yang berhasil diamankan sebanyak 7 papan berukuran 3cm x 25cm x 2,5m, 2 balok berukuran 25cm x 40cm x 3m, 5 usuk berukuran 6cm x 8cm x 5m, serta barang bukti lain berupa 1 jerigen Oli 1,5 Liter dan 1 jerigen Bensin 3 Liter.

"Untuk barang bukti sementara masih berada di lokasi penemuan dan nantinya akan dikordinasikan dengan KPH setempat guna proses lebih lanjut," ujar Dansatgas.

Dansatgas juga berharap, untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan, masyarakat diminta untuk menahan diri agar tidak melakukan penebangan pohon di kawasan hutan lindung, maupun tanaman, serta pohon-pohon yang dilindungi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar