Aksi Tipu-tipu, Satreskrim Polres Tegal Kota Ringkus Tersangka Berkedok Orang Pintar

  Kamis, 18 Februari 2021   Lilisnawati
Anggota Satreskrim Polres Tegal Kota saat menginterogasi tersangka penipuan (istimewa).

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM- Satreskrim Polres Tegal Kota berhasil meringkus tersangka penipuan dengan berkedok menjadi orang pintar di Kota Tegal.

Dia adalah NR (35) warga Kelurahan Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

NR berhasil menggasak uang puluhan juta milik MRA (25) warga Kabupaten Tegal dengan berpura-pura bisa memberikan harta karun berupa emas batangan.

Kasatreskrim Polres Tegal Kota AKP Syuaib Abdullah mengatakan, kejadian bermula saat korban diajak kedua temannya ke rumah NR di Kelurahan Panggung, Kota Tegal pada Juni 2020.

"Awalnya, salah satu temannya mengatakan ke korban bahwa ada orang pintar yang bisa melihat mahkluk gaib. Di situ korban tertarik, kemudian korban diantar kedua temannya ke rumah tersangka," terangnya, Kamis (18/2/2021).

Sesampai di rumah tersangka, kata Syuaib, NR mengaku melihat makhluk gaib yang mengikuti korban.

"Tersangka juga kemudian mengaku bisa mengusir makhluk gaib. Korban percaya dan menuruti semua yang diminta tersangka," ucapnya.

Selanjutnya, tersangka mengiming-imingi bisa mendapatkan benda pusaka berbentuk emas batangan. Namun dengan syarat, korban harus memberikan sejumlah uang untuk membeli minyak hajar aswad.

Namun, hingga bulan Desember 2020, korban belum pernah melihat benda pusaka emas tersebut.

"Dengan bujuk rayu tipu muslihat tersangka tersebut, korban telah memberikan uang yang jika ditotal sejumlah Rp43.520.000," ungkapnya.

Menurutnya, tersangka kini diamankan di Mapolres Tegal Kota dan diancam Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar