Waspada Penipuan Bawa Nama Bupati Jepara

  Jumat, 19 Februari 2021   Fitria Rahmawati
Akun penipu yang mengatasnamakan Bupati Jepara Dian Kristiandi di WhatsApp. [Diskominfo Jepara].

JEPARA, AYOTEGAL.COM - Penipuan menggunakan nama Bupati Jepara, Dian Kristiandi sedang marak terjadi. Sudah ada dua instansi yang dihubungi nomor WA yakni Pondok Pesantren (Ponpes) dan vihara. Warga diminta mengabaikan nomor tersebut lantaran penipu bermodus akan memberikan dana hibah, yang kemudian meminta transfer terlebih dahulu kepada korbannya.

Penipu yang saat ini masih diburu itu menggunakan nomor telepon +62878 6050 8337. Lewat pesan singkat, penipu memasang profil akun WhatsApp-nya menggunakan foto Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara, Arif Darmawan mengatakan, pelaku berdalih meminta bantuan untuk meminta hibah bagi tempat peribadatan dengan atas nama Bupati Jepara Dian Kristiandi. Padahal, saat ini Pemkab Jepara tidak melakukan kegiatan tersebut.

AYO BACA : Revel Luncurkan 3 Sepeda Balap Minivelo Terbaru

Arif menyebut, tercatat sudah ada beberapa pengurus vihara yang melaporkan pesan penipu itu. Tidak hanya Vihara, ternyata ada juga ponpes yang mendapatkan pesan yang sama.

Dengan adanya kejadian ini, Pemkab Jepara meminta kepada masyarakat, pengurus tempat ibadah agar tidak percaya dengan pesan singkat yang mengatasnamakan Bupati Jepara Dian Kristiandi, yang akan memberikan bantuan melalui transfer uang ke nomor rekening. 

"Sekali lagi, kalau mendapatkan telpon ataupun WA dari nomor tersebut tidak usah ditanggapi. Itu bukan nomor bupati," kata Arif, Jumat (19/2/2021). 

"Saya informasikan kepada pengurus semua tempat idadah, pondok pesantren di Kabupaten Jepara untuk tidak merespon pesan via WA dan memberikan nomer rekening ke nomor yang mengatasnamakan Bupati Jepara," tegas Arif.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar