Pipa Transmisi Putus di Kalibakung, PDAM Kota Tegal Distribusikan Air ke Warga

  Jumat, 19 Februari 2021   Lilisnawati
Bantuan air bersih dari PDAM Kota Tegal kepada warga.(Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM- Putusnya pipa transmisi milik Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Tirta Utama Jawa Tengah, di Kalibakung, Kabupaten Tegal, Jumat (12/2/2021), menyebabkan aliran air milik PDAM Kota Tegal terhambat.

Akibatnya, layanan air ke pelanggan PDAM di Kota Tegal terhenti. Masyarakat pun mulai kelimpungan mencari air bersih. Pasalnya, hampir sepekan sudah pipa PDAM mati.

Hal itu diakui seorang warga di Kelurahan Muarareja Kota Tegal, Ida (39)."Sudah seminggu ini apa ya air mati. Katanya ada kerusakan di atas makanya mati," katanya, Jumat (19/2/2021).

Ida pun terpaksa harus membeli air bersih untuk kebutuhan masak dan minum sehari-harinya. Bahkan, ia harus menumpang di rumah tetangga untuk keperluan mandi.

"Kebetulan saya nggak punya sumur ya, jadi terasa banget imbasnya. Kadang minta air sumur milik tetangga buat mandi," ucapnya.

Menurutnya, sudah ada bantuan air bersih dari PDAM Kota Tegal. Namun karena banyaknya warga yang butuh, jadi hanya dijatah tiga derigen per KK.

Hal itu diakui Direktur PDAM Kota Tegal Hasan Suhandi. Menurutnya, aliran air PDAM Kota Tegal terhambat karena adanya pipa putus di wilayah Kalibakung, Kabupaten Tegal.

Hasan mengatakan, ada 19.000 pelanggan PDAM Kota Tegal yang kena imbasnya.

"Itu karena ada tanah bergerak di wilayah Kalibakung, Jumat (12/2/2021) lalu. Pipa milik PDAB Tirta Utama Jawa Tengah putus," ungakpnya.

Untuk memberikan kompensasi dan sebagai bentuk kepedulian, pihaknya juga sudah mendistribusikan air bersih kepada masyarakat Kota Tegal.

"Tiap hari kita distribusikan 10 sampai 12 tangki air bersih kepada masyarakat. Untuk per tangkinya berukuran 5 kubik atau 5.000 liter," katanya.

Sementara dari informasi yang diterimanya, pipa transmisi sudah selesai diperbaiki hari ini. Dengan begitu, ia memprakirakan besok air bersih sudah kembali mengalir lagi ke masyarakat. 

"Alhamdulillah sudah selesai diperbaiki hari ini. Jadi mungkin besok baru bisa mengalir ke Tegal," tuturnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar