Kreatif, Seorang Ibu Rumah Tangga di Kota Tegal Sulap Kain Perca Jadi Tas Cantik

  Jumat, 19 Februari 2021   Lilisnawati
Endang Yulis Setiawati (35) menunjukan tas-tas dari kain perca dan kulit sofa buatannya, Kamis (18/2/2021).(Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL SELATAN, AYOTEGAL.COM- Ide kreatif datang dari seorang ibu rumah tangga di Kota Tegal. Adalah Endang Yulis Setiawati (35) warga Kelurahan Debong Kidul, Kota Tegal.

Pasalnya, Endang berhasil mengubah kain perca dan kulit sofa menjadi tas-tas cantik dan kekinian.

Ditemui di rumahnya, Kamis (18/2/2021), Endang mengaku, sengaja memanfaatkan sisa-sisa potongan kulit sofa dan kain perca untuk dijadikan tas dan aksesoris.

Selain harganya yang ekonomis juga untuk mengurangi limbah kain dan kulit sintetis.

"Kalau pakai bahan yang utuh, itu sudah biasa ya. Persaingan juga ketat dengan brand-brand terkenal. Karena ini pakai bahan sisa-sisa potongan, jadi kita bisa berkreasi dan bisa berbeda dengan produk di luar," katanya.

Meski demikian, Endang menjamin, produk handmadenya itu tidak kalah saing dengan brand-brand lain, satu di antaranya dari segi kualitas produknya.

"Harganya juga pasti lebih ekonomis ya. Tapi tentunya kualitas juga nggak murahan. Kualitas barang tetap kita prioritaskan. Dan biasanya, produk handmade malah justru bagus kualitasnya," tuturnya.

Untuk tas slingbag dari kulit sofa dibanderol mulai harga Rp100.000 sampai Rp200.000. Sedangkan tas totebag dari kain perca dijual mulai harga Rp50.000 sampai Rp150.000.

Selain tas, Endang juga membuat produk lainnya seperti dompet, sandal rumah, topi dan gantungan kunci.

"Dompet saya banderol mulai dari Rp40.000 sampai Rp80.000, topi Rp40.000 sampai Rp50.000, dan sandal rumah Rp10.000 sampai Rp15.000," jelasnya.

Usaha rumahannya itu pun kini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Dalam sebulan, Endang bisa mendapatkan Rp2 juta sampai Rp3 juta dari penjualan tas dan aksesoris buatannya itu.

"Alhamdulillah, bisa buat membantu ekonomi keluarga. Dulu yang cuma ibu rumah tangga saja, sekarang bisa punya penghasilan sendiri," ucapnya.

Terlebih, saat dirinya mulai bergabung dengan Komunitas Runtah Tegal Laka-laka (Rutela). Produk buatannya mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Sementara produk-produk buatannya itu, dapat dilihat di Instagram Ghozilanuna-collection.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar